SERANG – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Serang berinisiatif membuat pelabuhan lokal. Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan laut Dishubkominfo Kabupaten Serang Benny Yuarsa menjelaskan, pembangunan pelabuhan lokal sudah lama direncanakan.”Kita sudah melakukan survei tahun 2014 di tiga titik yang ada di Kabupaten Serang, yaitu di Kecamatan Pontang, Tanara dan Bojonegara. Kita akan melakukan survey kedua untuk penentuan lokasi. Dari tiga titik tersebut, nanti akan diputuskan satu titik yang menurut kajian paling strategis,” kata Benny, di kantornya, Selasa (27/5/2015)

Menurut Benny, rencana tersebut sejalan dengan pemerintah pusat yang memfokuskan pada pembangunan kemaritiman.”Kami optimis rencana pembangunan pelabuhan lokal akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), karena pemerintah pusat sedang gencar membangun kemaritiman,” ujar Benny.

I berharap Pemkab Serang kedepan dapat mendukung rencana tersebut. “Karena ini masih renacan dinas dan kelanjutannya tergantung pemerintah kedepan. Kami sangat berharap rencana ini bisa didukung oleh pemda dan DPRD, mengingat potensi PAD-nya yang cukup bagus.Kita baru punya satu pelabuhan regional di Grenyang. Diharapkan dengan adanya pelabuhan lokal, masyarakat terpencil bisa mendapatkan akses yang mudah untuk melakukan mobilisasi, karena ujung tombak perekonomian sangat tergantung pada kemudahan aksesbagi masyarakat,” pungkasnya. (Rahmat)
BAGIKAN