Ditpolair Polda Banten Tangkap Nelayan Pukat Sondong

Ditpolair Polda Banten.
Ditpolair Polda Banten saat menggelar ekpose penangkapan nahkoda yang memakai pukat sondong, Sabtu (23/1/2016).

MERAK – Sebanyak empat jaring dorong atau pukat sondong diamankan Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Polda Banten dari Kapal Motor (KM) Putri Oscar yang biasa beroperasi di perairan Cibungur, Kabupaten Pandeglang, pada Minggu (17/1/2016) lalu. Selain turut mengamankan kapal yang digunakan, polisi juga menahan nahkodanya, Dayat (39).

Kasie Tindak Subdit Gakkum Ditpolair Polda Banten, Kompol Syamsul Bahri mengatakan, langkah tegas itu merupakan tindak lanjut atas penerapan Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan RI Nomor 2 Tahun 2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (trawls) dan Pukat Tarik (seine nets) di Wilayah Pengelolaan Perikanan NKRI.

“Penggunaan alat tangkap ikan jenis pukat sondong ini dilarang, sesuai dengan Permen Kelautan dan Perikanan. Karena dapat merusak ekosistem dan biota laut pada saat penggunaan alat yang tidak ramah lingkungan ini,” ujarnya kepada awak media, Sabtu (23/1/2016).

Ia menambahkan, pukat sondong itu digunakan nelayan dengan harapan hasil tangkapan yang lebih memuaskan. “Tapi persoalannya, tidak hanya ikan-ikan yang besar saja yang terjaring, tapi ikan-ikan kecil juga terjaring,” katanya.

Pelaku yang terlibat dalam penggunaan pukat sondong itu, jelas Syamsul, akan dijerat dengan Pasal 85 Undang-Undang RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, dengan ancaman hukuman lima tahun kurungan penjara.

“Kita mengamankan empat orang dari kapal tersebut. Tiga orang lainnya kita lepas, namun wajib lapor. Sedangkan nahkoda kita tahan, sesuai dengan ketentuan,” tandasnya.

Sementara itu, Dayat selaku nahkoda, menuturkan baru menggunakan alat tangkap tersebut pada dua bulan terakhir. “Saya tidak tahu kalau sondong ini dilarang, lagian itu (sondong) bukan punya saya. Saya cuma yang bawa kapal,” katanya. (Devi Krisna)

BAGIKAN