SERANG – Ketua Komisi I DPRD Banten Zaid Elhabib memastikan keputusan pihaknya meloloskan tiga petahana sebagai komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Banten Periode 2015-2018 sesuai dengan prosedur dan regulasi yang telah ditetapkan.

“Dipilihnya ketiga petahana karena saat tes yang kami lakukan, mereka semua memenuhi kriteria dan score mereka mencukupi,” kata Zaid saat dimintai konfirmasi oleh radarbanten.com, Kamis (9/7/2015).

Zaid menambahkan, ada lima kriteria yang harus dipenuhi calon komisioner KPID. Pertama, terkait hubungan sosial, kedua pendalaman materi, ketiga integritas, keempat moral dan etika, dan kelima pemahaman regulasi. “Setelah dites kami menilainya tiga incumbent masih lolos,” tambah Zaid.

Diketahui, Senin (6/7/2015) Komisi I DPRD Provinsi Banten menetapkan tujuh Komisioner KIPD Banten, tiga di antaranya petahana. Keputusan meloloskan tiga petahana pun menuai kritikan, salah satunya dari Pemuda Muhammadiyah.

Dengan meloloskan tiga petahana yang dinilai minim prestasi pada kepengurusan priode sebelumnya, pengurus Pemuda Muhammadiyah Provinsi Banten, mempertanyakan profesionalitas kerja Komisi I DPRD Provinsi Banten. Menanggapi hal tersebut, Zaid memastikan keputusan tersebut sesuai dengan regulasi yang berlaku dan bebas dari unsur politik seperti yang diamanatkan kepada pihaknya. (Bayu)