PANDEGLANG – Kepala Bidang Bina Usaha Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pandeglang Ade Rohaesi mengungkapkan, selain ikut serta dalam program Bedah Desa Pesisir, pihaknya menargetkan mendapatkan rekor MURI dalam acara ini melalui makanan khas pesisir yaitu otak-otak terpanjang.

Untuk mecapai rekor tersebut, DKP bersama sejumlah masyarakat membuat otak-otak sepanjang 20 meter denga diameter 20 sentimeter. “Rekor untuk makan otak-otak terbanyak kan udah di Sumatera sebanyak 33.000 otak-otak, nah kita akan kejar rekor terpanjang dan terbesar,” ungkap Ade di sela-sela pembakaran otak-otak, Selasa (7/4/2015).

Selain untuk meramaikan program Bedah Desa Pesisir, ide ini untuk menunjukkan masyarakat bisa melakukan sesuatu yang besar. “Dengan bimbingan dan keyakinan mereka mampu bersama-sama melakukan sesutu yang tidak biasa,” ujarnya.

Dikatakan Ade, untuk membuat otak-otak ini DKP menghabiskan ikan tenggiri sebanyan 350 kilogram hasil tangkapan nelayan setempat. “Kesulitan adalah cara membungkus dengan daun. Masyarakat menghabiskan waktu selama dua hari karena prosesnya dan bahannya yang cukup banyak dimulai dari pencampuran bahan, pengukusan, hingga pembakaran,” lanjut Ade. (Bayu)