Dongeng Baik untuk Perkembangan Otak Anak

SERANG – Dongeng memiliki manfaat yang baik untuk perkembangan otak anak. Alur cerita dongeng yang didengar oleh anak secara perlahan melatih perkembangan otaknya.

Sekretaris Daerah Banten Ranta Soeharta saat membuka Lomba Mendongeng dan Pelatihan Menulis Tingkat SD dan SMP yang digelar Dharma Wanita Persatuan Provinsi Banten menjelaskan, sekarang cerita dongeng hampir punah karena jarang ada orang yang bisa mendongeng.

Padahal, kata Ranta, Dongeng bisa membuat anak mengenal kearifan lokal dan nilai-nilai kepribadian dari kisah-kisah dongeng yang dahulu banyak dikisahkan oleh orang-orang terdahulu.

“Anak kita sudah dicekoki budaya barat. Karena kurang dicekoki cerita lokal melalui dongeng-dongeng, padahal banyak cerita dongeng lokal baik tentang Banten maupun tentang Indonesia secara umum,” ujar Ranta, Senin (13/11).

Ranta mengaku masih ingat banyak mendapatkan pelajaran dari setiap dongeng-dongeng yang dibacakan oleh gurunya, baik di tempat mengaji dan sekolah.

“Dongeng tentang Si Kancil, Gunung Tangkuban Perahu, banyak sekali, dan itu mengajarkan kepribadian,” katanya.

Dongeng pun menurutnya bisa mengasah kreativitas anak. Otak kreatif anak bisa terlatih melalui dongeng-dongeng yang dikisahkan. “Karena itu saya terima kasih kepada Dharma Wanita yang sudah menyelenggarakan acara ini,” katanya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)

BAGIKAN