SERANG – Puluhan anggota tenaga Bantu Operasional Polisi Pamong Praja (Banpol PP) Kota Serang, menggelar aksi di halaman gedung DPRD Kota Serang, Senin (18/5/2015). Dalam tuntutannya mereka meminta dukungan DPRD untuk mendorong dikeluarkannya Keputusan Presiden (Kepres) tentang pengangkatan pegawai Banpol.

“Dalam rangka meminta dukungan kepada DPRD Kota Serang, supaya mendukung forum kami yang ada se-Nusantara,” ungkap Mamad, salah satu anggota Satpol PP kepada wartawan.

Dikatakan Mamad, aksi ini sebagai bentuk Forum Komunikasi Bantuan Polisi Pamong Praja Nusantara (FK-BPPPN) Korda Kota Serang. Mendukung FKBPPPN Pusat melakukan audiensi dengan DPR-RI dalamm mendorong dikeluarkannya Kepres tentang pengangkatan Banpol-PP/Non PNS menjadi Satpol PP (PNS).

“Tujuannya jelas, agar kami ini diangkat menjadi PNS, secara undang-undang bahwa satpol PP harus PNS. Kami meminta payung hukum yakni Kepres (Keputusan Presiden-red),” kata Mamad.

Lebih lanjut, Mamad mengatakan, hal ini dilakukan lantaran Banpol-PP berfungsi sebagai penegak Perda. “Di Kota Serang terdiri dari 130 personel Banpol-PP, yang ada pada kesempatan ini hanya sekitar 60an personil. Tugas kita kan penegak Perda,” kata Mamad.

Pantauan radarbanten.com di lokasi, aksi yang dimulai sekitar pukul 09.30 ini berjalan damai. Mereka membawa pamflet yang berisikan tuntutan, serta berorasi di halaman gedung DPRD Kota Serang. (Fauzan Dardiri)