JAKARTA – Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti akhirnya disetujui menjadi Kapolri dalam sidang paripurna DPR yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, Kamis (16/4) sore.

Persetujuan diberikan setelah Ketua Komisi III DPR, Aziz Syamsuddin menyampaikan laporan bahwa 10 fraksi di komisi bidang hukum telah menyetujui secara aklamasi pengangkatan Badrodin sebagai Kapolri melalui proses Fit and Proper Test tadi pagi.

Aziz juga menyampaikan permintaan agar Presiden Joko Widodo membatalkan pelantikan Komjen Budi Gunawan, kemudian melantik Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

Dalam sidang paripurna yang berlangsung singkat itu, Fadli Zon selaku pimpinan sidang langsung meminta persetujuan dari anggota. “Apakah usulan pengangkatan Komisaris Jenderal Badrodin Haiti dapat disetujui?” tanya Fadli, dan dijawab setuju oleh anggota 283 anggota yang hadir.

“Persetujuan Kapolri tersebut akan kami proses sesuai mekanisme yang ada,” tambah politikus Gerindra ini sembari mengetuk palu mengakhiri sidang paripurna.

Setelah itu, Fadli langsung memperkenalkan dan mengundang Komjen Badrodin mengambil posisi di depan meja pimpinan sidang untuk foto bersama. Saat itu, jenderal bintang tiga yang kini masih menjabat Wakapolri terus menebar senyum. (fat/jpnn)

BAGIKAN