SERANG – Terkait usulan adanya alokasi dana hibah penilitian untuk perguruan tinggi dari beberapa Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi negeri dan swasta, Wakil Ketua DPRD Banten Nuraeni mengusulkan kepada Dewan Riset Daerah (DRD) Banten membuat rumusan rencana kerja hal tersebut. “Rancangan tersebut diserahkan kepada Badan Litbang dan Pengembangan Daerah yang kemudian nanti untuk diajukan kepada dewan,” ujar Nuraeni, Jumat (27/3/2015).

Jika ajuan tersebut ada, kemungkinan di tahun 2016 dana tersebut ada. “Nanti alurnya LPPM mengajukan kepada DRD dan kemudian dikoordinir oleh DRD,” usul Nuraeni.

Sementara itu, Sekretaris DRD Banten Iwan K Hamdan mendukung dan menyambut baik usulan tersebut karena bisa lebih mengefektifkan fungsi perguruan tinggi sebagai lembaga penelitian. “Rencana Rabu depan hal ini akan dibicarakan dalam rapat DRD,” ujar Iwan.

Namun Iwan menegaskan, saat usulan tersebut bisa dijalankan, DRD berfungsi ke arah seleksi isi penelitiannya, sedangkan dananya tetap dikelola oleh Balitbangda. “DRD hanya seleksi proposal pengajuannya saja, misalnya penelitian mana yang sesuai dengan kebutuhan daerah, itu yang kami rekomendasikan,” papar Iwan.

Iwan berharap usulan tersebut benar-benar terwujud agar penelitian di Banten berkembang dan juga dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat luas. (Bayu)