CILEGON – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Cilegon mentargetkan peningkatan kondisi infrastruktur di Kota Cilegon pada tahun 2015 ini, mencapai 92 persen. Sekretaris DPU Kota Cilegon, Muhammad Ridwan mengatakan, pihaknya mentargetkan kondisi jalan sepanjang sekira 383 kilometer yang menjadi tanggung jawab Pemkot Cilegon akan berada dalam kondisi mantap.

“Seperti yang telah menjadi target dalam renstra, kita ingin kondisi mantap jalan dapat mencapai 92 persen. Atau mengalami peningkatakan sekitar 2 persen dari tahun 2014 lalu,” ujarnya kepada radarbanten.com, Sabtu (14/3/2015).

Jalan-jalan perkotaan yang marak dilalui kendaraan dan masyarakat, kata dia, akan menjadi skala prioritas dengan penggunaan anggaran sebesar 60 persen khusus untuk jalan dari sekira Rp273 miliar yang dialokasikan buat DPU, dan sisanya diperuntukkan bagi bidang bidang lain di SKPD teknis itu.

“Jadi jumlah itu tidak termasuk buat jalan lingkungan. Dan sebagian besar jalan akan mengalami peningkatan menjadi betonisasi,” sambungnya.

Di sisi lain, terkait dengan rencana betonisasi itu, menurutnya DPU Cilegon mutlak akan membutuhkan dana yang lebih besar lagi, mengingat biaya betonisasi yang selisih jauh dari pengaspalan yang biasa dilakukan selama ini.

“Harapan kita, pada anggaran perubahan ada penyesuaian anggaran. Sebab, secara teknis, dengan betonisasi itu kualitas dan umur teknis jalan dapat lebih lama, bisa berusia di atas lima tahun. Jadi otomatis butuh biaya lebih,” tandasnya. (Devi Krisna)***