Dua Planet Ini Bisa Ditinggali Manusia?

PENELITIAN: Ilustrasi rangkaian planet yang dekat dengan matahari. (Universitas Hertfordshire via CNN)

Selama puluhan tahun, ilmuan tak kenal lelah mencari planet lain yang mungkin bisa ditinggali selain di bumi. Dan, pencarian itu sepertinya mulai terjawab. Ilmuan sudah menemukan dua planet yang berpotensi bisa ditinggali. Dua planet itu mengorbit di matahari dan hanya berjarak 12 tahun cahaya.

Tim ahli astronomi, termasuk peneliti dari Universitas Hertfordshire, Inggris, dan Universitas California Santa Cruz, menemukan empat planet seukuran bumi yang mengorbit di matahari seperti bintang. Dari empat planet itu ada dua planet sebagai super-earths alias super-bumi karena memiliki massa sekitar 1,7 massa bumi. Memang lebih besar dari bumi. Namun, itu adalah planet paling kecil di antara planet lain yang berada dekat matahari.

”Zona habitatnya tidak terlalu panas atau dingin. Dan bisa mempertahankan air di permukaannya,” ujar Dr Fabo Feng, kepala penelitian kepada CNN. Feng menambahkan kalau planet-planet itu sepertinya banyak memiliki batu dibanding es. Sehingga bisa meningkatkan kemungkinan makhluk hidup untuk bertumbuh di sana.

Para peneliti menemukan planet-planet itu dengan memonitor ragam gerakan kecil yang mungkin disebabkan karena gaya gravitasi planet. ”Kami menghitung variasi gerakan dari bintang melalui observasi spectroscopic,” kata Feng.

Tetapi, dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai kemungkinan dua planet itu untuk pilihan lain dari bumi. Pasalnya, mereka juga menduga, planet-planet itu kerap disinggahi asteroid dan komet. Tidak lucu kan jadinya kalau sudah bagus-bagus bikin rumah terus ketimpa komet.(*)