CILEGON – Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 yang digelar Pemkot Cilegon di Rumah Dinas Wali Kota Cilegon mengusung tema tema yang kita angkat adalah “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”, Selasa (14/11).

Plt Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi berharap melalui tema tersebut derajat kesehatan bangsa Indonesia khususnya warga Kota Cilegon dapat meningkat. “Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat,” ujarnya.

Mendukung hal tersebut, Edi menjelaskan Pemkot Cilegon memiliki program gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) yang dapat mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat. “Kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat,” ungkapnya.

Pada kesempatan peringatan HKN Ke-53 ini, Edi mengajak seluruh insan kesehatan khususnya jajaran kementrian kesehatan mereflesikan kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan. Baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan Bangsa Indonesia.

“Ini momentum evaluasi sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor dalam melaksanakan pembangunan Nasional,” tuturnya.

Kepada masyarakat, Edi berharap berprilaku sehat dan bersih dengan pendekatan keluarga, serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan teratur dapat diterapkan dalam kehidupan kesehariannya.

“Kita sama-sama mensukseskan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga, mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Indonesia sehat dapat diwujudkan melalui keluarga-keluarga yang sehat, sehingga membentuk masyarakat yang sehat,” ucapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)

BAGIKAN