BAGI penggemar kuliner Jepang, pasti sudah tidak asing dengan Sushi. Apalagi, restoran Jepang di Indonesia sudah sangat banyak. Supaya tidak bingung, ini dia lima jenis sushi yang sering jadi favorit dan perlu kita tahu.

1. Nigiri Sushi
Nigiri mempunyai arti mengepalkan tangan. Jadi, cara membuat nigiri sushi adalah mengepalkan bahannya, sehingga bentuknya bulat mengikuti kepalan tangan. Nigiri sushi biasanya berisi lauk seperti ikan, kerang, belut (unagi), udang (ebi), dan lainnya. Kemudian, isinya diikat dengan nori atau rumput laut.
2. Maki Sushi
Berbeda dengan nigiri, maki artinya dililit atau digulung. Supaya bentuknya bulat dan sempurna, maki sushi dibuat dengan alat penggulungnyakhusus. Supaya terlihat rapi, maki sushi dibalut nori. Untuk penyajiannya, maki sushi dipotong dalam ukuran kecil sehingga bisa dilahap dalam sekali suap.
3. Oshi Sushi
Sushi yang satu ini memang bentuknya berbeda. Oshi sushi berbentuk kotak karena menggunakan cetakan khusus. Sushi kemudian dipotong-potong sesuai ukuran sekali suap. Selain itu, ada juga cara masak oshi sushi yang berbeda, yaitu dibungkus daun bambu yang kemudian dipadatkan untuk beberapa waktu.
4. Inari Sushi
Mirip dengan maki sushi, tapi inari sushi tidak dibungkus dengan nori. Inari sushi menggunakan kulit tahu atau aburage sebagai pembungkusnya. Sebelum diisi nasi, aburage diproses terlebih dahulu dengan kecap asin dan gula sehingga rasanya agak manis.
5. Chirashi Sushi
Sushi satu ini termasuk unik. Nasinya tidak dibentuk seperti sushi lainnya, melainkan disajikan di atas piring atau mangkuk. Lalu, dimakan bersama lauk yang berupa makanan laut dan sayuran yang dipotong kecil. Di Jepang, chirashi sushi biasanya disajikan untuk merayakan hari-hari spesial seperti ulang tahun. (gm/rbc)