Eselonisasi ASN Akan Dihapus

Rois Solihin

CILEGON – Tidak lama lagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) akan memiliki jabatan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) telah menyiapkan sekira 2.600 nama jabatan, agar tidak ada lagi pegawai yang menjabat sebagai pelaksana maupun staf.

Rois Solihin, pemateri dari Kemenpan RB mengatakan dampak dari pembaharuan itu nantinya golongan eselonisasi ASN akan dihapus. “Sesusai undang-undang ASN, jabatan ada tiga kelompok. Jabatan tinggi itu pratama, madya, dan utama. Kemudian jabatan administrasi itu ada pengawas dan pelaksana. Jabatan pelaksana itu ada nomenklaturnya semua, nanti eselonisasi akan ditiadakan. Jadi golongan ruang akan ke kelas jabatan,” katanya.

Dijelaskannya, sosialisasi peraturan Kemenpan RB No.25 tahun 2016 tentang nomenklatur jabatan pelaksana diharapkan dapat meningkatkan standarisasi jabatan agar mengetahui fungsi dan tugas masing-masing bagi pegawai. Pegawai diminta untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya.

“Jadi masing-masing pegawai negeri dari tingkat terendah maupun yang tertinggi harus punya kontribusi untuk menunjang tugas dan fungsi di organisasi. Masing-masing jabatan harus punya kompetensinya. Karena nanti akan ada Permen PAN tentang standarisasi kompetensi,” ujarnya, Jumat (15/9) saat ditemui di Pemkot Cilegon.

Kata dia, setelah standarisasi kompetensi, pegawai akan mengikuti kelas jabatan yang akan menentukan pegawai tersebut akan ditempatkan di kelas berapa. “Yang menentukan orang itu akan di kelas jabatan berapanya ada dari EV-Jab atau evaluasi jabatan. Ada 9 faktor yang akan mempengaruhi, setiap kelas jabatan ada harga jabatan sesuai kinerjanya,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)

BAGIKAN