SERANG – Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 891, Pemerintah Kabupaten Serang adakan Festival Bedolan Pamarayan, dimulai 11 Oktober sampai 15 Oktober 2017. Banyak rangkaian acara menarik pada festival kali ini.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Tahyudin mengatakan, rangkaian acara itu pada Rabu (11/10) pukul 19:30 WIB ada seni topeng.

“Hari ini juga ada lomba engrang, panjat pinang dan lomba bakiak,” katanya, Rabu (11/10).

Kamis (12/10) akan dibuka Festival Bedolan Pamarayan oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Tambah dia, akan dibuka pameran photo event dan acara hiburan saman beluk.

“Tradisi-tradisi khas Kabupaten Serang memang akan banyak dimunculkan, termasuk bedolan Pamarayan ini,” ungkapnya.

Dirangkaikan, Jumat (13/10), Tahyudin melanjutkan, akan ada jalan sehat fest bedolan Pamarayan dan lomba krratifitas anak.

“Menariknya ada isbat nikah, ubrug, jeki gaya baru Pamarayan,” ujarnya.

Kemudian, Sabtu (14/10), acara menarik masih menanti. Yakni, festifal rakyat, panjat pinang, lpmba gasinh, lomba egrabg, lomba bakiak. Kemudian, ada pentas seni pencak silat, debus dan wayang golek bersama dalam Asep A Hudaya, guru Komara Bandung.

“Minggu acara penutupan ada santunan yatim piatu sama pasar murah, festival musik islami dan rampak bedug,” ungkapnya.

Pada festival bedolan Pamarayan ini, ia tak terlalu berharap menginginkan banyak turis datang. Karena, ia beranggapan pesta kali ini adalah pesta rakyat dan untuk rakyat yang harus dirayakan bersama.

“Tentu saja untuk masyarakat Kabupaten Serang dan umumnya Banten,” tukasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).