Gapai Impian di Sekolah Kedinasan

0
8223

SEKARANG udah bukan zamannya pengin kuliah di perguruan tinggi negeri cuma buat mengejar gengsi. Sebab, pada era serbakompetitif kayak sekarang, yang paling dibutuhkan justru adalah kompetensi dan opportunity. Selain mempersiapkan diri berebut bangku perguruan tinggi negeri (PTN), kalian bisa mencoba daftar ke sekolah kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan (PTK). Beberapa jurusan PTK memang terdengar asing, bahkan nggak banyak yang tahu, tapi memiliki prospek cerah ke depannya loh!

Skill Unik Jadi Rebutan Industri

Uniqueness is strength. Hal itu cocok banget disematkan buat mereka yang bersekolah di Politeknik STTT (Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil) Bandung. STTT Bandung adalah satu-satunya sekolah dengan spesialisasi ilmu tekstil yang berada langsung di bawah Kementerian Perindustrian. Juga merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Siswa Politeknik STTT Bandung jelas punya kompetensi yang terbilang unik dan langka.

Maka, nggak heran, masalah mencari kerja sepertinya jadi hal yang nggak terlalu merisaukan buat mereka. Misalnya, tahun ini 75% siswanya dipastikan dapat kerja meski belum resmi lulus dan diwisuda. Woah! Serunya lagi, penjurusan dan mata kuliah di sekolah kedinasan tersebut dijamin anti-mainstream dan nggak membosankan. Ada tiga jurusan yang bisa dipilih, yaitu teknik tekstil, kimia tekstil, dan produksi garmen yang juga punya konsentrasi bidang fashion design.

Di Politeknik STTT Bandung, kamu bakal menemukan pengalaman unik belajar memahami tekstil dari dasar. Mulai bahan baku hingga pemasaran.

’’Banyak mata kuliah menarik di sana. Misalnya, perajutan, tenun, pencelupan, jahit, dan lain-lain. Kita juga bisa tahu kandungan kain. Bahkan, bisa mengubah kain yang tadinya biasa jadi bisa tahan api atau antibakteri,’’ ujar Ega Rahman Nurhakim, mahasiswa semester 5 jurusan produksi garmen. Psst, 70% biaya kuliah di Politeknik STTT Bandung juga disubsidi pemerintah loh!

Siap Jadi Profesional Pariwisata dan Hospitality

Punya minat di dunia pariwisata? Kalau iya, STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bali bisa jadi pilihan kamu buat melanjutkan studi nih. Menyediakan dua pilihan jurusan, yakni kepariwisataan dan hospitality, kurikulum dan program studi di STP Bali siap menempa kamu jadi profesional di industri tersebut. FYI, STP Bali juga menyediakan tiga jenjang studi berbeda. Mulai D3, D4, hingga S1. Pokoknya lengkap dan bisa kamu pilih sesuai prospek dan orientasi kerjamu deh!

Nggak cuma diajari materi perkuliahan, pentingnya profesionalitas dan service dalam industri pariwisata juga nggak lupa ditanamkan loh. Salah satunya adalah mewajibkan para siswa untuk mengganti seragam setiap setahun sekali. Tujuannya, mereka paham tentang pentingnya appearance yang bersih dan rapi bagi insan pariwisata. Unik dan profesional banget ya!

Banyak banget benefit yang bisa didapat dari STP Bali seperti yang dijelaskan Novia Angelika, salah seorang mahasiswi program studi bisnis hospitality. ’’STP itu punya relasi dan jaringan luas. Bisa lebih gampang dapat tempat training maupun kerja. Oh ya, lulusan STP juga selalu punya image baik loh di mata perusahaan-perusahaan pariwisata di Bali,’’ ujarnya. Patut banget dipertimbangkan sebagai tempat melanjutkan studi, kan?

Prospek Cerah di Dunia Penerbangan

Nggak banyak yang sadar bahwa di dunia penerbangan juga banyak orang yang berpengaruh di balik kelancaran sistem transportasi. Salah satunya adalah orang-orang yang konsen pada bidang teknik dan keselamatan penerbangan. Indonesia memiliki sekolah atau instansi pendidikan yang berfokus mengajarkan bidang tersebut, yaitu ATKP (Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan) Surabaya. Misalnya, yang sedang dijalani Taruna Tingkat 3 ATKP Surabaya Bernardus Pramono. Dia berfokus mempelajari sistem operasi di sisi bandar udara atau penerbangan.

’’Setiap taruna di sini belajar sekaligus menerapkan sistem disiplin semi militer agar menguasi teknik dan keselamatan penerbangan juga membentuk karakter,’’ ujar Bernardus. Selain teori, taruna di ATKP memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan marching band yang dapat melatih teamwork yang bermanfaat dalam dunia pekerjaan nanti.

Selain dapat manfaat berupa pembentukan karakter serta pengalaman pendidikan yang nggak banyak orang tahu, melanjutkan pendidikan di ATKP berprospek cerah loh untuk masa depan. ’’Di sana kan kita dapat tawaran. Ada beberapa program studi seperti bidang teknik atau keselamatan penerbangan. Nah, masing-masing lulusan nanti punya peluang buat terserap ke Angkasa Pura, AirNav, maupun maskapai penerbangan,’’ tambah Bernardus.

Kepoin Sekolah Kedinasan di Banten Yuk

Sekolah kedinasan atau biasa dikenal dengan perguruan tinggi kedinasan (PTK) memang menggiurkan. Secara, setelah lulus nggak bakal galau mau kerja di mana. Bye bye madesu alias masa depan suram. Hei, di Banten juga ada loh PTK ini. Kepoin yuk.

Paling hits dan jadi incaran dari dulu adalah Kampus STAN di Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang, Kota Tangerang Selatan. Ini sih di bawah naungan Kementerian Keuangan. Ada juga Bagian Administrasi Pelatihan Perikanan Serang (BAPPL Serang) di Serang, di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan, Poltekkes Banten di Jalan Syech Nawawi Al-Bantani No 9 Banjar Agung, Cipocokjaya, Kota Serang, di bawah naungan Kementerian Kesehatan. Ada juga Jurusan Keperawatan. Sementara Program Studi D III Keperawatan dan Program Studi D IV Keperawatan di Tangerang. Jurusan Kebidanan ada di Rangkasbitung. Ada juga Jurusan Analis Kesehatan.

Sekolah kedinasan lain di Banten adalah Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug di Kabupaten Tangerang di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Jangan lupa ada Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (AMKG) di Bintaro, Tangerang. Banyak juga ya Guys.

Asyiknya sekolah di bawah naungan pemerintah ini biaya pendidikan yang relatif lebih murah bahkan ada yang gratis, belum lagi selepas kuliah bisa langsung direkrut loh menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). So, wajar dong ya kalau perguruaan tinggi kedinasan menjadi sekolah favorit yang didambakan para siswa.

Selain itu, kelebihan dari sekolah kedinasan ini ilmunya yang khusus dan spesifik yang jarang atau bahkan nggak ada di perguruan tinggi lain. Punya teman yang tersebar di seluruh Indonesia, karena sekolah ini banyak peminat dari berbagai provinsi di Indonesia. Sekolah kedinasan ini juga tidak hanya secara akademis tetapi melainkan dituntut menjadi pribadi yang berkarakter.

Mahfudoh, siswi SMK Informatika Kota Serang bilang, memang ada niat melanjutkan pendidikan di PTK. “Karena pernah dapat informasi dari teman, lihat brosurnya kalau sekolah kedinasan biayanya nggak terlalu besar bahkan ada yang gratis. Terus jadi PNS. Siapa sih yang nggak mau? Mudah-mudahan sih diterima, setahu saya nggak gampang masuk ke situ. Persiapan yang pasti belajar lebih rajin saja biar bisa diterima,” ujarnya.

Berbeda dengan Tazkiatun Nafs, siswi SMAN 2 Kota Serang ini bilang, tidak ada niatan untuk melanjutkan ke sekolah ini. “Setelah lulus planning sih ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri, mudah-mudahan diterima. Perguruan tinggi negeri juga kan biayanya relatif murah, jadi mengurangi beban orang tua,” jelasnya.

Hmmm, buat yang tertarik ke sekolah kedinasan, mending banyak-banyak berdoa ya, semoga diterima. Yang daftar bejibuuun Sob.(dila-zetizen/nrm/zee)