SERANG – Bus Asli Prima jurusan Jakarta-Labuan terbakar. Bus hangus setelah sekira 30 menit dilahap Si Jago Merah tepat di Jalan Jakarta-Merak, tepatnya di depan Kampus Untirta Serang.

Peristiwa ini bermula dari percikan api yang berasal dari rem ban belakang sebelah kanan. M Soleh (45), sopir bus menuturkan bahwa kendaraan yang dibawanya sudah terasa berat sejak keluar dari pintu Tol Serang Timur. “Rem belakangnya terjepit. Panas kemudian menimbulkan api,” ujarnya kepada radarbanten.com saat ditemui di lokasi kejadian, Sabtu (19/4/2014).

Sebelumnya, M Soleh mengaku mengetahui adanya api dari kondektur. “Saya tahunya dari kernet, ada api di belakang. Makanya saya berhenti,” jelasnya.

Api yang memericik dari roda belakang sebelah kanan akhirnya membakar bagian bawah kendaraan. Api membesar dan mengakibatkan para penumpang berhamburan keluar dari bus. “Penumpangnya keluar begitu api membesar,” terang Nunu, Guru SMP Islam Tirtayasa yang melihat kejadian.

Akibat kejadian ini, kondisi fisik kendaraan hangus. Jok penumpang semuanya terlihat menghitam. Atap bus gosong dan cat mengelupas akibat terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hingga berita ini diturunkan, pemadam kebakaran masih memadamkan api. Kemacetan sekira dua kilo meter dari arah Kemangm, Kota Serang hingga Terminal Pakupatan. Peristiwa ini sempat menjadi tontonan warga yang melintas di lokasi. (WAHYUDIN)