SERANG – Juru Bicara Masyarakat Transparan (Mata) Banten Abdurrohman mendorong partai politik untuk menyediakan informasi bagi para konstituennya. Informai dimaksud, meliputi program kerja, struktur kepengurusan hingga keuangan partai.

Dari 10 parpol di tingkat kepenguruan Provinsi Banten, Mata belum menemukan informasi tersebut disediakan, sehingga bisa dibilang Mata sendiri merasa gelap informasi mengenai 10 parpol tersebut.

“Karena parpol merupakan elemen terpenting dalam sistem demokrasi di Indonesia, konstituen semesti mendapat fasilitas tersebut, semisal melalui website sebagai sarana informasinya,” ungkap Oman kepada wartawan usai menggelar diskusi ‘Urgensi Keterbukaan Informasi Keuangan Partai Politik’ di salah satu rumah makan di Kota Serang, Senin (16/3/2015).

Menurut Oman, pihaknya melihat selama ini tidak ada laporan tentang aktivitas parpol di maksud di Banten, meski undang-undang terkait parpol mewajibkan hal tersebut.

Menurut Oman, transparansi parpol diperlukan juga untuk menekan prilaku korupsi di kalangan parpol, yang diduga kuat hal itu terjadi karena minimnya transparansi. (Fauzan Dardiri)