SERANG – Gerah melihat kondisi pemerintahan, politik, hingga kesejahteraan masyarakat Provinsi Banten yang tidak kunjung membaik di usia Banten yang akan menginjak umurnya ke-15 tahun ini, sejumlah masyarakat mendeklarasikan Organisasi Masyarakat (Ormas) Pilar Banten, Sabtu (19/9/2015).

Ketua Ormas Pilar Banten Sudrajat mengatakan, salah satu target berdirinya ormas ini adalah, yakni Banten harus mempunyai pemimpin yang berintegritas. “Sebelum ini kita lakukan diskusi-diskusi, hiruk pikuk kegaduhan di Banten menjadi salah satu alasan berdirinya ormas ini. Menurut kami, dengan melihat kondisi Banten saat ini harus ada kelompok masyarakat yang memberikan masukan bagus,” kata Sudrajat.
Sudrajat melanjutkan, hal lain yang melatarbelakangi pendirian ormas karena melihat kondisi Banten selama 15 tahun ini. Dimana sampai saat ini, cita-cita pembentukan Provinsi Banten untuk memerdekakan diri dari ketertinggalan masih sangat jauh.
“Kita lihat kondisi tata pemerintahan saja, belum memiliki semangat untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntable. Ini ditunjukkan dengan berkali-kali BPK, dalam laporan tahunannya memberi rapor merah serta memberi opini disclaimer,” pungkas Sudrajat.
Semoga, tambah Sudrajat, cita-cita dan usaha berdirinya ormas yang menurutnya sudah diwakili oleh delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten ini dalam pendiriannya, bisa mewujudkan cita-cita pendirian Provinsi Banten, dimana masyarakat Banten bisa sejahtera. (Bayu)