CILEGON – Harga bawang merah berangsur mengalami peningkatan di pasar tradisional di Kota Cilegon. Pantauan radarbanten.com di Pasar Kranggot Cilegon, Senin (16/3/2015) ini, bawang merah dijual dengan harga Rp30 ribu per kilogramnya. “Kenaikannya itu ga tentu. Tapi beberapa hari ini terus naik. Sebelumnya naik Rp3 ribu, terus Rp2 ribu, sama hari ini naik lagi Rp2 ribu lagi,” ujar Jamjuri, salah seorang pedagang.

Sementara harga bawang putih justu tetap stabil dengan kisaran harga Rp15 ribu per kilogramnya. “Akibatnya kita dikomplain sama konsumen. Mereka juga bingung, sama dengan kita yang gak tahu kenapa bawang merah harganya terus naik,” sambungnya.
Dampak dari kenaikan itu, jelasnya, telah berdampak pula pada omzet penjualannya. “Kalau biasanya laku sekitar 10 sampai 15 kilogram, hari ini saja baru laku satu setengah kilogram,” jelasnya.

Kenaikan itu pula dirasakan oleh konsumen. Sulis, seorang pemilik rumah makan menuturkan terpaksa mengurangi pembelian bawang merah seraya menunggu harga kembali stabil. “Biasanya saya itu sekali beli 5 kilogram, harganya Rp15 ribu sekilonya. Tapi sekarang sudah naik 100 persen, jadi beli sedikit saja dulu. Kalau sudah stabil, baru kita beli banyak lagi, sayang uangnya,” katanya. (Devi Krisna)