Go! Go! Power Rangers…

0
2179

HAYO, siapa yang baca judul di atas sambil bernyanyi? Yap, soundtrack wajib serial superhero paling hit era 90-an itu emang cukup fenomenal. Nah, kabar baiknya adalah kelima ranger ini siap kembali menyelamatkan dunia pada 24 Maret mendatang. Lewat film bertajuk Saban’s Power Rangers, pihak produksi Lionsgate udah siap membuat para penggemar superhero tersebut untuk flash back dengan era Mighty Morphin Power Rangers.

Tahun ini memang banyak sekali film live action yang sangat sayang untuk dilewatkan salah satunya adalah film Power Rangers. Generasi 90’an mungkin nggak asing dengan slogan tersebut.

Sejak trailer pertamanya dirilis Oktober tahun lalu, euforia penggemar makin nggak terbendung. Apalagi, Dean Israelite sebagai sutradara memberikan banyak surprise lewat trailer berdurasi 2,5 menit tersebut. Mulai alur cerita, sinematografi, hingga desain kostum para ranger yang dibuat lebih futuristis dibandingkan film-film sebelumnya.

Meski harus menghidupkan kembali karakter Power Rangers di tengah mendominasinya superhero milik Marvel dan DC, Israelite yakin karyanya mampu bersaing. ’’Saya selalu berpikir Power Rangers memiliki nilai sejarah tinggi. Bahkan, saya ingin menciptakan dunia dalam film ini menjadi kenyataan,’’ tegasnya dilansir dari Hollywood Reporter.

Pihak produksi pun bertaruh besar pada film comeback-nya kelima ranger tersebut. Jika dibandingkan versi sebelumnya, versi terbaru itu menjadikan efek visual sebagai senjata utama. Demi mewujudkan sinematografi apik, tim produksi harus mengeluarkan biaya lebih dari USD 105 juta.

“Dari kecil saya suka sekali Power Rangers, tokoh favorit saya itu red turbo dan anak kecil ranger berwarna biru. Saya suka dengan alur ceritanya yamg mengajarkan kita untuk tidak takut bahaya kejahatan dan kita harus berani menolongnya. Tahun ini saya tahu akan keluar versi terbarunya,” curkat Muhammad Fikri Pratama, Gen Z Banten yang duduk di bangku MAN 2 Kota Tangerang.

Usaha besar tim produksi bisa dilihat dari pemberian efek CGI pada beberapa adegan pertempuran. Misalnya, yang terlihat pada battle scene antara para ranger dan Rita Repulsa (diperankan Elizabeth Banks), musuh terbesar mereka di film tersebut. Selain itu, efek CGI yang apik digunakan untuk menunjukkan adegan fenomenal para ranger yang berubah wujud menjadi Megazord.

Walau mengusung unsur modern, Israelite nggak melupakan ciri khas kisah Power Rangers. Dia berusaha menjaga adanya kesetaraan gender serta mengedukasi terkait dengan etnis dan ras. Terbukti, beberapa aktor dan aktris mewakili semua ras dan gender. ’’Keberagaman adalah yang paling penting sehingga kami mempertahankan karakter setiap pemain tetap asli,’’ ujar Israelite dilansir dari People.

Kelima pemain yang beruntung tergabung menjadi skuad rangers kali ini adalah Dacre Montgomery (Jason Scott/Red Ranger), Naomi Scott (Kimberly Hart/Pink Ranger), RJ Cyler (Billy Cranston/Blue Ranger), Ludi Lin (Zack Taylor/Black Ranger), dan Becky G. (Trini Kwan/Yellow Ranger).

Berbeda dengan cerita di serial TV Mighty Morphin Power Rangers (1993–1999), para ranger nggak lagi digambarkan sebagai anak-anak berprestasi dan populer di sekolah. Diceritakan, kelima ranger terdiri atas anak-anak bermasalah. Mulai remaja yang terlibat kasus kriminal sampai korban bullying. Nggak heran, film itu akan memberikan kesan ’’dark’’ yang lebih kuat daripada serial TV maupun film sebelumnya.

“Menurut saya film Power Rangers itu bagus karena mengajarkan hal baik dan punya banyak nilai positifnya. Perubahan yang paling terlihat dari versi sebelumnya dengan versi yang akan tayang nanti itu di tokoh Zord dan kostum para rangers. Tokoh Zord versi sekarang lebih keren, terlihat lebih kuat, dan lebih jahat. Kalau dari bagian kostum lebih ketat terutama ranger cewek, ” kata Indri Lestari, tutur siswi SMAN 1 Kabupaten Tangerang  ini.

Nah, penasaran kan dengan alur ceritanya? Diceritakan bahwa kelima ranger ini awalnya mengikuti kelas pembelajaran di kota kecil, Angel Grove. Tanpa disadari, kota tersebut ternyata terancam serangan alien. Billy Cranston, seorang siswa, menemukan batu misterius. Setelah peristiwa itu, mereka tiba-tiba menjadi manusia berkekuatan super. Mereka berlima harus berlatih bersama Zordon (diperankan Bryan Cranston) dan Alpha 5.

Setelah dua film sebelumnya, Mighty Morphin Power Rangers: The Movie (1995) dan Turbo: A Power Rangers Movie (1997), film kali ini nggak lagi didistribusikan 20th Century Fox. Di bawah naungan Lionsgate, Saban’s Power Rangers diharapkan dapat menuai kesuksesan seperti film dan serial TV sebelumnya. Nah, kira-kira gimana ya hasil eksekusi film yang filmnya dikenal dengan Super Sentai dan berdurasi 124 menit tersebut? (hellen-zetizen/Lionsgate/Movie Insider/zee)