CILEGON – Kecamatan Jombang, Cilegon hingga saat ini terbukti masih menjadi basis suara Partai Golkar di Cilegon. Data yang dihimpun radarbanten.com, dari rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat, Golkar unggul dengan 7.748 suara yang berasal dari caleg dan suara partai.

“Kita baru menyelesaikan rekapitulasi jam 03.00 WIB dini hari tadi. Siang ini rencananya baru akan kita serahkan ke KPU untuk dibuatkan berita acara,” ujar Johan Budiman, Ketua PPK Jombang, Rabu (16/4/2014).

Golkar berhasil unggul dengan meninggalkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang meraih 5.786, disusul PDIP dengan 3.447 suara, PAN 3.328 dan Gerindra 2.867 suara.

“Kita menemukan kendala di KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara-red), terkait dengan penghitungan pengisian berita acara. Belum lagi, mereka (KPPS-red) bingung dalam penghitungan empat data pemilih yang berbeda dengan tahun 2009 silam,” tambahnya.

Dari sekira 43.403 Daftar pemilih Tetap (DPT), di mana jumlah itu belum termasuk jumlah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb), serta pemilih Pengguna KTP dan KK yang diakumulasi menjadi 45.571 pemilih tetap, PPK Jombang mencatat sekira 33.695 warga yang menggunakan hak pilihnya.

“Dari jumlah suara yang masuk itu, 31.592 suara seluruh parpol kita nyatakan sah, dan sisanya 2.103 suara tidak sah,” tandasnya. Dengan demikian dirinya memprediksi tingkat partisipasi masyarakat Kecamatan Jombang, pada pemilu legislatif lalu sekira 80 persen. (Devi Krisna)