H-5 Lebaran, 14 Pasar Tumpah di Kabupaten Serang Ditertibkan

PKL: Pedangang kaki lima di Pasar Ciruas tetap berdagang di bahu Jalan Raya Serang-Jakarta, kemarin (19/6). FOTO: ROZAK/RADAR BANTEN

SERANG – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serang mencatat, ada 14 pasar tumpah di jalur utama mudik Lebaran. Pedagang di 14 pasar itu bakal ditertibkan mulai H-5 Lebaran.

Kepala Bidang Ketenteraman dan Ketertiban pada Dinas Satpol PP Kabupaten Serang Hanafi mengatakan, pedagang di 14 pasar yang menggunakan bahu jalan itu tersebar di beberapa kecamatan. Beberapa di antaranya berada di jalur mudik.

Sesuai imbauan Polda Banten, Satpol PP pun akan menertibkan pedagangnya agar perjalanan para pemudik tidak terganggu. “Pasar tumpah ini menjadi agenda kita juga untuk ditertibkan,” tegasnya kepada Radar Banten melalui telepon seluler, Senin (19/6). “Besok (hari ini-red), akan dibicarakan di rapat koordinasi bidang PUD (perundang-undangan daerah-red) bersama Polres Serang, Kodim Serang,” jelasnya.

Satpol PP akan memprioritaskan penertiban pasar tumpah di sepanjang Jalan Raya Serang-Jakarta. Jalan nasional ini jalur utama pemudik. “Seperti di Kibin, Cikande, Kragilan, Ciruas. Maksimal nanti H-5 akan kita tertibkan,” tegasnya. Pasar tumpah juga berada di jalur mudik lain seperti di Jalan Raya Serang-Pandeglang, Kecamatan Baros.

Kepala Bidang Penegakan PUD pada Dinas Satpol PP Kabupaten Serang Iwan Setiawan menjelaskan bahwa penertiban pasar tumpah merupakan agenda pengamanan arus mudik. Petugas yang dilibatkan, gabungan dari beberapa instansi terkait. “Nanti, ada dari Dishub, polres, dan yang lainnya,” kata Iwan.

Setelah penertiban, ia mengimbau pedagang agar tidak kembali menempatkan lapak dagangannya di bahu jalan. Keberadaan pedagang itu menghambat arus lalu lintas yang tidak hanya berdampak pada kemacetan, tetapi juga bisa kecelakaan. “Dari aturannya saja kan sudah tidak boleh,” tandasnya.

Soal keterlibatan Satpol PP dalam pengamanan arus mudik Lebaran, Iwan tidak menjelaskan secara teknis. “Minimal satu kompi kita terjunkan. Untuk teknisnya, nanti, besok (hari ini-red) akan kita bahas di rapat koordinasi,” terangnya.

Kepala Dishub Kabupaten Serang Hedi Tahap dan Sekretaris Dishub Rudi Afandi tidak bisa dikonfirmasi soal rencana penertiban pasar tumpah dan pengamanan arus mudik Lebaran. Kemarin, mereka tidak berada di kantornya. Hedi Tahap dan Rudi Afandi juga tidak menjawab panggilan telepon selulernya ketika dihubungi Radar Banten.

Pantauan Radar Banten, salah satu pasar tumpah berada di Pasar Ciruas. Banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di bahu Jalan Raya Serang-Jakarta. Di pasar milik swasta ini, parkir liar tetap marak. Padahal, tahun ini, Satpol PP telah dua kali melakukan penertiban pedagang kaki lima dan parkir liar di Pasar Ciruas. (Rozak/RBG)

BAGIKAN