CILEGON – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon dari H-7 Lebaran sampai saat ini H+5, menerima sebanyak 364 pemudik yang mengeluh sakit. Data tersebut diperkirakan dapat bertambah.

Koordinator posko kesehatan Dinkes Cilegon Ujang Samsul menyatakan, dibanding tahun sebelumnya, jumlah pemudik yang sakit tahun ini mengalami penurunan. “Sampai saat ini H+5, kami menerima sebanyak 364 dari 4 posko yang ada di Cilegon, yaitu di Terminal Terpadu Merak (TTM), depan Masjid Agung, Pondok Cilegon Indah (PCI) dan di Ciwandan,” kata Ujang melalui telepon selulernya, Rabu (22/7/2015).

Dikatakan Ujang, data tersebut bisa saja bertambah, mengingat arus balik mudik masih berlangsung. “Data tersebut bisa saja bertambah, karena kami mengoperasikan posko yang ada sampai tanggal 25 Juli atau H+8. Walaupun kami tetap berharap peningkatanya tidak melebihi tahun kemarin,” ujarnya, seraya tidak menyebutkan data pada tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, Ujang menjelaskan, rata-rata sakit yang menyerang pemudik adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). “Selain ISPA, pemudik mengalami muntah-muntah, hal tersebut terjadi karena faktor cuaca dan kecapekan. Untuk yang sampai dirujuk ke rumah sakit sampai saat ini tidak ada dan semoga tidak terjadi,” terangnya.

Pihaknya mengimbau kepada para pemudik untuk tetap memperhatikan kesehatan mereka. “Bagi para masyarakat yang ingin mudik, tetap memperhatikan kesehatan, jika mengalami sakit segera datang ke posko untuk diberi pertolongan pertama,” imbuhnya. (Rahmatullah)