Hadapi MEA, Untirta Gelar Bazar UKM Mahasiswa

0
182
Untirta

SERANG – Dalam rangka meningkatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar kegiatan bazar yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dari berbagai Fakultas.

Kegiatan bazar diselenggarakan sejak tanggal 26 hingga 30 September. Bazar itu juga bertujuan untuk menumbuh kembangkan kreatifitas mahasiswa di bidang ekonomi dan bisnis.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta, Fauji Sanusi mengatakan, bahwa dalam kegiatan bazar UKM yang digelar oleh Untirta, bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang mandiri dan penuh ide dalam membuat sebuah UKM menjadi besar.

“Makanya UKM ini digelar selama satu minggu, karena kami ingin melihat hasil dan kerja yang dilakukan oleh para mahasiswa, khususnya Fakultas Ekonomi,” katanya, Kamis (29/9).

Bazar UKM tersebut, lanjutnya, terdapat 18 stand yang terdiri dari 14 stand mahasiswa dan empat stand masyarakat.

“Kita melibatkan masyarakat agar para mahasiswa dapat bersaing dalam pasar bebas. Saat ini kan kita sudah harus siap dalam menghadapai MEA,” ujarnya.

Selain itu, di akhir acara pada tanggal 30 September, akan diberikannya sebuah penghargaan kepada tiga Pemerintah Kabupaten atau Kota yang selalu setia mendukung kegiatan Untirta.

“Pertama ini adalah Kota Cilegon, lalu Kota Tangerang dan terakhir Kabupaten Lebak. Karena ketiga Pemerintah ini selalu mensupport kegiatan apa saja yang dilakukan oleh Untirta,” jelasnya.

Ia berharap dengan diadakannya kegiatan ini, apa yang telah dilakukan oleh pihak Kampus dapat menjadi bekal ilmu yang bermanfaat untuk para mahasiswa. Sehingga setelah kegiatan bazar tersebut, para mahasiswa dapat memiliki sebuah usaha mandiri.

“Jadi kita ingin setiap mahasiswa Fakultas Ekonomi dapat membuat usaha sendiri, bukan mencari pekerjaan. Karena apabila memiliki usaha sendiri, dapat mengurangi pengangguran yang semakin tinggi di Banten ini,” ungkapnya. (Wirda)