SERANG – Menghadiri dialog yang digelar Pokja Wartawan Kota Serang, Kamis (20/8/2015) dengan tema ‘Menyoal Keberpihakan APBD Provinsi Banten terhadap Ibukota Provinsi Banten’, Sekretaris Daerah Provinsi Banten Kurdi Matin, diminta menaikkan bantuan keuangan untuk Kota Serang.

Wakil Walikota Serang Sulhi dalam dialog mengatakan, bahwa Pemkot Serang mengalami kendala anggaran dalam melakukan proses pembangunan, khususnya infrastruktur di Kota Serang. “Harapannya agar pemprov memberikan alokasi bantuan yang lebih besar, karena melihat Kota Serang sebagai ibu kota Provinsi Banten. Pantaslah mendapatkan hal tersebut,” kata Sulhi.

Sementara itu Ichsan, Anggota Komisi II DPRD Kota Serang meminta pengalokasian bantuan keuangan untuk Kota Serang dari pemerintah Provinsi Banten dilakukan diawal sebelum penetapan APBD Kabupaten/Kota karena memang selama ini bantuan keuangan Kabupaten/Kota terlambat, sehingga persoalan ini menghambat.

“Selain itu juga tentu kami berharap Pemprov Banten segera memfasilitasi permasalahan aset antara Pemkab dan Pemkot Serang karena ini juga menjadi penghambat,” katanya.

Matin Syarkowi, tokoh masyarakat Kota Serang meminta Pemprov Banten untuk memberikan perhatian lebih terhadap pembangunan Kota Serang, karena memang tujuan awal dari pembentukan awal Kota Serang berharap pembangunannya dirasakan oleh masyarakat.

“Kalau geliat dan semangat pembangunannya ada, kami mendorong Kota Serang mendapat perhatian lebih dari pemprov Banten,” kata Kurdi Matin, seraya menceritakan proses pembentukan Kota Serang.

Diketahui, pada APBD Tahun 2015, Pemprov Banten mengalokasikan bantuan keuangan untuk Kota Serang sebesar Rp75,8 Milyar. Hal ini lebih kecil bila dibandingkan dengan alokasi bantuan pemprov untuk kabupaten dan kota lainnya. (Fauzan Dardiri)