Suasana wisuda UIN Banten hari ini, Sabtu (20/5).

SERANG – Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB)  Asman Abnur hari ini menghadiri wisuda sarja dan pasca sarja Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten di aula utama kampus tersebut,  Sabtu (20/5). Selain Menpan RB,  acara tersebut pun dihadiri oleh Gubernur Banten Wahidin Halim.

Menpan RB Asman Abnur menjelaskan, IAIN SMH Banten baru saja mengalami perubahan status menjadi UIN SMH Banten. Menurutnya, dengan berubah menjadi UIN maka cakupannya semakin besar,  begitu juga dengan tanggung jawab moralnya.
Menurut menteri Asman Abnur,  sistem oerguruan tinggi di Indonesia sudah tidak boleh sistem konfensional, namun harus berbasis elektronik. “Sistem pelajaran e-learning dan pusat informasi berbasis elektronik itu harus menjadi ciri khas perguruan tinggi sekarang,” papar menteri Asman Abnur.
Letak kampus UIN SMH Banten di Kota Serang sangat strategis dan dekat dengan ibu kota negara Jakarta.  Karena itu menteri Asman berharap UIN SMH Banten bisa bertarap internasional. Itu perlu agar perguruan tinggi di Indonesia bisa diperhitungksn oleh dunia.
“Itu tantangan buat rektor,” ujarnya.
Menurutnya masih banyak hal yang harus diperbaiki di Provinsi Banten.  Pendidkan,  pemerintahan serta aspek lainnya.  Perguruan tinggi mempunyai peran dalam perbaikan hal-hal tersebut.
Sementara itu,  Rektor UIN Banten Fauzul Iman menjelaskan,  pada hari ini ada 478 mahasiswa tingkat sarjana yang diwisuda. Sedangkan  untuk tingkat S2 sebanyak 73 orang. “Saya berpesan kepada mahasiswa agar bisa amanah membawa ilmu yang telah dipelajari selama ini,  semoga saat kembali ke daerah bisa bermanfaat untuk kemajuan daerahnya masing-masing,” ujar Fauzul Iman.
Sebagai alumni,  selain membawa nama baik pribadi,  para wisudawan wisudawati pun membawa nama baik insfitusi,  sehingga diharapkan selalu mempertimbangkan segala hal yang dibuatnya dan terus berusaha berbuat baik untuk sekitar.
Terkait kualitas pendidikan,  Fauzal mengaki pihaknya bersama jajaran rektorat, pegawai, serta dosen terus berupaya untuk meningkatkan sistem dan kualitas di UIN SMH Banten sehingga bisa ikut serta bersama dalam melakukan pembangunan di Provinsi Banten. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)