Haier Leisure 7. Foto: Jawa Pos

SURBAYA – Pasar handset tanah air tahun ini kian ramai dengan kehadiran Haier, pendatang baru dari Tiongkok yang siap membidik segmen menengah. Baru resmi merilis handset pertama pada Juni ini, Haier berani menargetkan penjualan 1 juta unit pada Tahun Ayam Api.

Country Manager Overseas Market Department Haier Taufan Tanoto menyatakan, sebenarnya Haier bukan pemain anyar di bisnis handset. Terlebih untuk teknologi jaringan 4G LTE. ’’Kami resmi masuk menjadi produsen ponsel 4G LTE sejak 2015 dengan beroperasinya pabrik di Cikarang. Tetapi, kami memproduksi produk Andromax untuk Smartfren,’’ ujarnya saat peluncuran Haier Leisure 7 di Surabaya, Kamis (15/6), sebagaimana dilansir JawaPos.com.

Penjualan Andromax yang bisa tembus hingga 2 juta unit per tahun pun membuat Haier akhirnya berani berkompetisi di open market dengan merek sendiri. ’’Secara pasar memang ketat, tetapi kami optimistis bisa merebut pasar dengan segmentasi yang pas. Setidaknya kami membidik penguasaan pasar mencapai 4 persen,’’ tuturnya.

Haier tahun ini berencana mempunyai empat produk smartphone. Setelah produk pertama resmi dirilis, pihaknya akan meluncurkan lagi tiga varian produk lainnya pada November dan Desember. Penopang utama adalah Haier Leisure 7 dengan target penjualan mencapai 500 ribu unit. Tentu target itu juga membuat Haier berniat menggenjot kapasitas produksi. Saat ini pabrik Haier mampu memproduksi 10 ribu handset (smartphone dan MiFi) per hari. Angka tersebut bakal dinaikkan menjadi 12.500 handset per hari.

Bagi Haier, masalah TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) juga bukan kendala. Haier Leisure 7 memiliki TKDN 20 persen. Untuk ketiga produk terbaru mereka nanti, TKDN-nya dinaikkan menjadi 30 persen.
Dari segi pemasaran, Haier bekerja sama dengan PT Datascrip sebagai distributor. ’’Kami sudah memiliki pengalaman yang kuat dengan menjadi distributor bagi Asus maupun Huawei. Didukung jaringan distributor kami, produk ini dapat memperkuat Datascrip sebagai distributor elektronik yang kuat,’’ tutur Assistant Marketing Manager PT Datascrip Shandy Octavianus.

Selain melalui online, Datascrip memasarkan Haier di 30 diler. Untuk layanan purnajual, Haier Mobile telah didukung 16 service center yang tersebar di seluruh Indonesia bekerja sama dengan Datascrip. (vir/c14/sof/JPG)