Harga Daging dan Telur Ayam Mulai Merangkak Naik

Kepala Disperindag Banten Babar Suharso

SERANG – Harga daging dan telur ayam di sejumlah pasar di Provinsi Banten mulai merangkak naik. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten Babar Suharso.

Menurut Babar Suharso, dari hasil pantuan harga di pasaran, daging ayam dari sebelumnya berharga Rp20 ribu per kilogram, menjelang bulan puasa harga naik menjadi Rp32 ribu per kilogramnya. Sementara telur ayam, dari sebelumnya Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp23 ribu

“Harga daging ayam dan telur rata-rata naik terjadi di pasar induk, pasar tradisional seperti pasar Rau, pasar Baros, Anyer, Cilegon,” ujar Babar, Sabtu (20/5).

Babar mengkhawatirkan harga daging ayam dan telur bisa mengalami lonjakan mendekati Lebaran bila tidak dicarikan solusi menjelang bulan puasa, karena khusus komoditi telur di bulan puasa dan mendekati Lebaran permintaan selalu meningkat.

Untuk antisipasi kenaikan harga sembako jelang bulan Ramadan, dikatakan Babar, pihaknya telah melakukan pemantauan di delapan pasar induk dan pasar tradisional. Sementara,  hasilnya, kenaikan baru terjadi pada daging dan telur ayam. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)