SEBAGIAN besar dari kita berpikir sudah memberikan makanan terbaik untuk buah hati. Namun ternyata, ada beberapa makanan yang tidak sehat tetapi kerap kali luput dari perhatian. Seperti dilansir mother care, pada dasarnya si Kecil tidak membutuhkan banyak kalori, yang ia butuhkan adalah makanan yang kaya akan nutrisi.

Berikut daftar makanan yang paling tidak sehat untuk bayi :

1. Jus
Kita mungkin bingung mengapa jus termasuk salah satu jenis makanan yang tidak sehat. Namun ternyata, penelitian membuktikan bahwa jus adalah salah satu makanan yang tidak sehat bila dikonsumsi bayi. Walaupun dibuat dari buah, namun proses pembuatan jus merampas semua nutrisi baik yang ada pada buah. Maka lebih baik sajikan buah secara utuh.

2. Soda
Tampaknya sudah jelas bahwa soda adalah salah satu makanan buruk bila dikonsumsi oleh bayi. Selain karena sama sekali tidak bernutrisi, kandungan gula yang ada pada soda juga sangat buruk untuk kembangan gigi si Kecil.

3. Biskuit
Banyak dari biskuit-biskut yang dijual dipasaran mengandung terlalu banyak gula atau garam, tentu itu sangat tidak baik untuk kesehatan bayimu. Karena kandungan gula yang telalu berlebihan dapat mengganggu pertumbuhan gigi bayi serta menimbulkan obesitas. Oleh karena itu, sebagai ganti makanan selingan lebih baik sajikan potongan buah-buah segar untuk si Kecil.

4. Makanan Olahan
Makanan olahan terutama makanan yang siap saji biasanya telah melalui proses pengolahan yang panjang, bisa dibayangkan berapa nilai nutrisi yang terbuang dari proses tersebut, kan? Karena itu, nggak heran makanan olahan masuk ke kategori salah satu makanan yang tidak sehat untuk bayi. Makanan olahan cukup banyak kehilangan nilai gizi, nutrisi, dan zat baik lainnya dari bahan aslinya.

5. Gelatin
Gelatin yang terlihat sangat nikmat sebagai makanan penutup ternyata tidak baik untuk bayimu. Karena biasanya gelatin terlalu banyak mengandung gula, perasa, dan pewarna buatan. Sebagai pengganti makanan penutup Si Buah Hati sebaiknya kamu sajikan apple crumble dengan sedikit taburan kayu manis di atasnya. Selain lezat, makanan penutup ini juga sehat untuk Si Bayi. (vm/rbc)
BAGIKAN
Just another simply photojournalist