SERANG – Tim gabungan dari Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi Kota Serang, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Serang melakukan inspeksi mendadak beras plastik ke sejumlah pedagang beras di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Senin (26/5/2015).

Dalam sidak beras kali ini petugas melakukan pengecekan beras dengan merendam beras dan membakar sample beras untuk mengetahui apakah beras tersebut asli atau palsu. Selain sidak, tim juga melakukan kampanye kepada masyarakat agar tetap mewaspadai beredarnya beras plastik masuk ke wilayah Serang dengan menempel paflet imbauan keberadaan dan ciri-ciri beras plastik.

Kepala Sub Bidang Pengawasan dan Keamanan Pangan Segar Badan Ketahanan Pangan Provinsi Banten Dadang Suhayat yang mengikuti sidak tersebut, mengatakan pihaknya belum mengetahui motif keberadaan beras plastik tersebut di pasaran. “Kalau dipikir beras plastik lebih mahal biaya produksinya. Kalau tujuannya konsumen saya pikir tidak mungkin, kalau tujuannya politis saya tidak tahu,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Serang Ali Suro menegaskan pihaknya terus meminta dinas terkait untuk melakukan inspeksi mendadak secara rutin. “Kita tidak mau kecolongan dengan beredarnya beras plastik ini di Kota Serang. Jika nanti kita temukan ada beras plastik kita akan kita tindak pedagangnya dan distributornya,” pungkasnya. (Wahyudin)