DUA pabrikan motor dari Jepang, Honda dan Yamaha saat ini sama-sama memiliki motor matik kelas premium. Honda memiliki PCX dan Yahama dengan Nmax.

Kedua motor ini dari segi desain hampir sama dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua motor tersebut sama-sama memiliki mesin berkapasitas 150cc. Yang paling membedakan motor tersebut adalah dari segi harga. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjual motor Nmax dengan harga Rp27.400.0000. Sedangkan PT Astra Honda Motor (AHM) membandrol PCX seharga Rp39.800.000.

Dari pengamatan dan tes yang dilakukan, Tangerang Ekspres (grup Radar Banten) akan mencoba membandingkan kedua skuter matik tersebut. Untuk bagian depan keduanya sama-sama memiliki tameng yang lumayan besar.

Pada bagian stang dan panel meter kedua matik ini sangat berbeda. Honda PCX memiliki stang yang dilapisi krom dengan panel futurisatik tajam. Sedangkan Yamaha Nmax memiliki stang model bumerang dengan panel meter bentuk bulat.

Jika diperhatikan dari samping, kedua motor ini sama-sama mempuanyai ruang kaki dua gaya. Yakni, gaya santai dan pijakan kaki biasa. Sedangkan dilihat dari belakang Honda PCX memiliki desian yang tajam dengan lampu sein kecil di bawahnya. Sedangkan Yamaha Nmax memiliki lampu dengan ukuran yang lumayan besar.

Saat membuka tangki bensin, Yamaha Nmax harus membukanya dengan kunci. Sedangkan Honda PCX cukup menggunakan kunci kontak. Honda PCX mengandalkan triple pot hydraulic combined brake, sedangkan Yamaha Nmax dilengkapi dengan ABS untuk menghentikan motor tersebut.

Untuk bagian roda, Honda PCX menggunakan ban depan ukuran 90/90-14 dan 110/70-13 bagian belakang. Sedangkan Yamaha Nmax memakai ban depan ukuran 100/90-14 dan 130/70-13 untuk belakang. (Tangerang Ekspres/bud)

BAGIKAN