Honorer K1 Harap Gubernur Banten – MenpanRB Bisa Segera Bahas Nasib Mereka

Ilustrasi

SERANG – Mendengar komentar dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi, honorer K1 di Provinsi Banten berharap agar Gubernur Banten Rano Karno dan Menteri Yuddy bisa segera bertemu untuk membahas nasib mereka.

Hal tersebut diungkapkan oleh koordinator forum honorer K1 Endang Suherman, Selasa (14/6). Endang mengaku sepakat dengan pernyataan Mentri Yuddy bahwa K1 mestinya sudah selesai, namun faktanya di Banten belum selesai. 

“Kawan-kawan kami yang sudah diangkat lebih dulu kurang lebih 400 orang. Legal standingnya sama kok dengan yang belum diangkat yakni SE MenpanRB No. 3 Tahun 2012. Dalam surat edaran tersebut jumlah K1 Banten kan 781 orang, yang diangkat baru kurang lebih 400 orang sisanya ya kami-kami ini,” ujarnya.

Endang melanjutkan, data terakhir hasil validasi BKD per Februari 2016 K1 Banten yg belum diangkat sebanyak 359. Dan mengacu pada PP 48 tahun 2005 jo PP 56 tahun 2012 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS, pengangkatan K1menjadi PNS adalah kewajiban pemerintah. 

Pak Menpan sudah tahu kami kok, saat kami bertemu beliau di hotel royal krakatau tgl 23 Februari 2016.

Menurut Endang, selain mengacu pada dasar hukum di atas, pengangkatan K1 sudah dipandang perlu mengingat setiap tahun pemerintah selalu menganggarkan anggaran dan selalu berujung silfa. Selain itu, pemprov Banten pun kekurangan pegawai cukup banyak. 

“Jadi menurut kami seharusnya tidak ada lagi hal yang bisa dikatakan memberatkan utk mengangkat kami jadi PNS. Kami yakin baik gubernur maupun menpanRB sama-sama memiliki komitmen kuat untuk mengangkat kami jadi PNS.

Untuk diketahui sampai saat ini jumlah honorer K1 yang belum diangkat adalah sebanyak 374 orang. (Bayu)

BAGIKAN
Just another simply photojournalist