Keluarnya surat pemberitahuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) bernomor : B/2163/M.PAN/06/2015 tentang Penundaan Rekrutmen CPNS 2015 membuat ratusan ribu honorer kategori dua (K2) galau. Mereka was-was harapan diangkat CPNS bakal buyar.

“Terus terang saja banyak honorer K2 yang galau karena berpikir tidak akan diangkat CPNS,” kata Ketua Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Titi Purwaningsih kepada JPNN, Senin (6/7).

Dia menyebutkan, meski MenPAN-RB menyatakan pengangkatan honorer K2 dimulai 2016, namun mereka masih berharap ada kebijakan khusus. Yaitu mengisi kuota honorer K2 yang kosong sebesar 30 ribu.

“Kalau tidak bisa 30 ribu dan hanya separohnya tidak apa-apa. Yang penting tahun ini ada yang diangkat biar tahun depan sudah jelas pengangkatan bertahapnya,” terang Titi.

Dia pesimis bila pengangkatannya mulai 2016 karena bisa saja tertunda-tunda lagi dengan berbagai alasan.

“Apa sudah dijamin PP-nya selesai tahun depan. Kan bisa saja molor lagi. Kami tetap berharap, ada honorer K2 yang diangkat tahun ini biarpun jumlahnya tidak sampai 30 ribu,” tandasnya. (esy/jpnn)