MALANG – Prestasi membanggakan ditunjukkan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mewakili Provinsi Banten dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional XXIV 2016 di Malang. Dalam kesempatan tersebut, Provinsi Banten berhasil meraih peringkat keenam secara nasional. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Negeri Malang, Jawa Timur selama tujuh hari sejak 22 Mei sampai 28 Mei 2016.

Dalam ajang tingkat nasional ini, kontingen Provinsi Banten mengirimkan siswa SMK untuk mengikuti 43 mata lomba dari 52 kategori yang dipertandingkan. Siswa-siswa yang dikirim mewakili Banten tersebut merupakan siswa pilihan hasil dari seleksi dari tingkat kabupaten/kota hingga tingkat provinsi.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten, Engkos Kosasih Samanhudi mengaku bangga atas prestasi yang kembali diraih oleh para pelajar yang mewakili Provinsi Banten tersebut. Dikatakan Engkos, prestasi yang diraih siswa SMK pada ajang LKS 2016 ini meningkat dibanding tahun 2015.

Engkos melanjutkan, pada ajang lomba tahun ini, siswa SMK Provinsi Banten berhasil meraih peringkat keenam secara nasional. Namun menurut Engkos para siswa dan pemerintah tidak akan puas cukup sampai disini.

Menurut Engkos, prestasi ini harus lebih ditingkatkan kedepan sehingga di tahun berikutnya diharapkan mampu meraih prestasi lebih tinggi. “Tahun depan paling tidak kita targetnya masuk lima besar peringkat secara nasional,” jelasnya.

Selama ini, ujar Engkos, Dindik Provinsi Banten sudah melakukan berbagai pembinaan melalui pemetaan paket-paket kepada siswa SMK di sekolah. “Pembinaan kita memang melakukan dengan pemetaan paket-paket keahlian (siswa SMK-red). Selanjutnya kita juga perhatikan kebutuhan sarana penunjang keahlian di sekolah, yakni dengan memenuhi alat-alat praktik industri yang kurang memadai. Kita berharap prestasi ini membawa siswa SMK menuju ASEAN skill atau world skill,” jelasnya.

Masih menurut Engkos, ajang lomba baik tingkat daerah maupun tingkat nasional seperti ini menurutnya sangat penting untuk membentuk karakter para siswa. Selain itu, tentu sebagai wadah untuk meraih prestasi sebanyak-banyaknya.

Pemerintah Provinsi Banten sendiri melalui Dindik mempunyai program yang bersifat ajang-ajang seperti ini, baik di bidang sains maupun olahraga. Program seperti ini tentunya sebagai salah satu bagian dari proses penyaringan dan persiapan untuk mengikuti ajang-ajang nasional seperti LKS yang setiap tahunnya rutin dilaksanakan.

Engkos melanjutkan, Pemerintah Provinsi Banten sendiri saat ini sedang memberikan perhatian besar terhadap dunia pendidikan di Provinsi Banten, termasuk di dalamnya jenjang SMK. Program pengembangan mutu dan program-program penunjang lain seperti pemberian beasiswa telah disiapkan oleh Pemprov Banten dalam hal ini Dindik Banten. Bahkan beberapa diantaranya sudah mulai berjalan.

“Pemerintah sangat menyadari akan pentingnya peran pemerintah dalam membentuk karakter masyarakat dalam hal ini, melalui lembaga pendidikan, karakter yang diharapkan oleh pemerintah dibentuk, terlebih dari itu, melalui lembaga pendidikan mempersiapkan siswa agar siap menghadapi masa depan, dan bisa memberikan kontribusi terhadap daerah,” papar Engkos. (ADVERTORIAL/Dinas Pendidikan Provinsi Banten)