Implementasikan ‘Link and Match’, AHM Jalin Kerja Sama dengan SMK di Banten

SERANG – Astra Honda Motor (AHM) mengadakan acara penandatanganan memorandum of understanding (MoU) bersama empat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Banten terkait Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda sebagai implementasi program ‘Link and Match’ di Aula PT Mitra Sendang Kemakmuran (MSK) Kota Serang, beberapa waktu lalu. Acara ini merupakan salah satu kelanjutan dari MoU dengan Kementerian Perindustrian di Jakarta.

Senior Manager Teknik Astra Honda Motor Handi Hariko mengatakan, penandatanganan MoU ini sebagai bentuk pengembangan sekolah di SMK itu sendiri, yang sesuai dengan SK Kementerian Perindustrian dan Perpres Tahun 2016 lalu tentang bagaimana program ‘Link and Match’ antara dunia industri dan dunia pendidikan. “Makanya sangat penting program ini untuk dikembangkan sesuai dengan peraturan dari Kementerian Perindustrian dalam membantu pemerintah. Untuk di Banten sendiri, kita sudah jalan sekitar 19 sekolah dari total target 700 sekolah di seluruh Indonesia,” katanya.

Lanjut ia, selama ini respon dari sekolah sangat luar biasa dengan adanya program ‘Link and Match’ AHM yang masuk di kurikulum sekolah. Hal ini yang diharapkan agar para lulusan SMK bisa bermanfaat bagi kalangan industri yang sesuai dengan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan. Selama ini program ‘Link and Match’ sangat bermanfaat bagi SMK di antaranya, ketersediaan SDM khususnya mekanik, mekanik yang punya kompetensi baik bisa langsung bekerja melayani konsumen sehingga terjadinya efisiensi waktu dalam kerja.

“Program ini merupakan salah satu bukti nyata kontribusi Astra Honda Motor bersama jaringan dalam dunia pendidikan, guna membantu pemerintah dalam pengembangan SDM. Dan bagaimana generasi muda, kami didik melalui kurikulum yang ada sehingga bisa menyesuaikan situasi dan kondisi perkembangan ekonomi yang ada sehingga mereka bisa memahami. Dan di masyarakat umum pun tidak terjadi kesenjangan yang timpang antara dunia industri dan lulusan sekolahnya,” ungkapnya.

Adapun sekolah yang menandatangani MoU yaitu SMKN 3 Pandeglang, SMKN 1 Kramatwatu, SMKN 1 Cikande dan SMKN 4 Kota Serang yang sebelumnya sudah mengajukan MoU bersama MSK Honda Banten. (Farid)

BAGIKAN