INDIA – Sebuah negara bagian di India barat telah memutuskan bahwa anak-anak tidak lagi boleh membawa tas ke sekolah lebih dari 10 persen berat badan mereka.

Pemerintah setempat menetapkan kebijakan itu dalam upaya untuk mencegah cedera. Para pejabat di Maharashtra memperingatkan bahwa tas berat yang melelahkan anak-anak akan merusak sendi-sendi mereka.

Guru diminta untuk menimbang setiap tas siswa di sekolah tetapi negara tidak menentukan secara spesifik tentang hukuman.

Anak-anak India yang sering di bawah tekanan besar untuk sukses, membawa bahan studi tambahan dari kelas ke kelas.

“Kami telah menemukan tas yang beratnya 20 persen sampai 30 persen (dari berat badan anak-anak) karena notebook tebal, buku pelajaran, alat tulis dan bahkan kosmetik,” tulis Nand Kumar, penulis kolom seperti dilansir kantor berita AFP.

Sekolah diminta untuk menyediakan air minum bersih dan makanan, serta memberikan ruang penyimpanan untuk buku. “Saya senang mengetahui bahwa sekarang kita akan membawa tas sekolah yang lebih ringan,” kata salah satu siswa di laman Berita Harian dan Analisis.

“Awalnya, setelah sekolah, saya tidak punya energi untuk bermain atau belajar, tetapi sekarang saya akan senang berjalan pulang dengan tas yang lebih ringan.” tambahnya. (ray/jpnn)