MERAK – Puluhan pasukan Taifib dan Kopaska yang akan melakukan aksi fast rope dan water jump untuk memeriahkan HUT ke-70 TNI di Pelabuhan Indah Kiat, melakukan gladi di atas kapal tempur KRI Banjarmasin, Senin (5/10/2015).

Kapten Laut (P) Joko Wahyu Prasetyo dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut mengatakan, pasukan Taifib yang akan melakukan aksi fast rope sebanyak 20 pasukan. “Nanti pasukan akan turun dari helikopter dengan menggunakan tali dan langsung membentuk formasi menyerang, nanti masing-masing kapal akan ada lima pasukan,” kata Joko saat ditemui setelah memberikan pengarahan.

Untul pasukan yang akan terbang dari kapal KRI Banjarmasin sebanyak 10 pasukan dengan dua helikopter. “Atraksinya ini akan dilakukan di dermaga Indah Kiat,” katanya.

Sedangkan untuk pasukan Kopaska yang akan melakukan aksi sebanyak 18 pasukan. Mereka akan loncat ke air laut dari helkopter dengan ketinggian 15 feet. Posisi terjunnya di kolam tepat depan podium. “Agar lancar kami lakukan gladi skali lagi, karena pasukan yang hebat adalah pasukan yang terlatih,” pungkasnya. (Bayu)