KEGIATAN yang sudah menjadi kebiasaan Anda akan sulit diubah sekalipun itu hal yang buruk. Kebiasaan buruk yang mungkin Anda sering lakukan adalah tidur larut malam. Tahukah Anda bahwa bahaya bagi Anda yang suka tidur larut malam banyak sekali. Antara lain mengembangkan masalah diabetes dan kesehatan.

“Banyak orang yang tidur larut malam tidak mendapatkan cukup tidur karena mereka juga harus bangun pagi-pagi keesokkan harinya,” kata penulis senior studi, Dr. Nan Hee Kim, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (22/4).

“Hasil ini mendukung pentingnya irama sirkadian dalam regulasi metabolisme,” kata Kim lebih lanjut.

Penelitian ini melibatkan 1.620 orang usia 47 tahun sampai 59 tahun yang mengambil bagian dalam studi penelitian besar di Korea. Para peserta menjawab pertanyaan tentang siklus tidur-bangun, kualitas tidur dan kebiasaan gaya hidup mereka, seperti seberapa sering mereka berolahraga. Mereka juga memberikan sampel darah dan scan tubuh menjalani yang dinilai massa lemak dan tanpa lemak tubuh mereka.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang suka tidur malam lebih mungkin untuk memiliki kualitas tidur yang buruk dan perilaku tidak sehat seperti merokok, gaya hidup menetap dan makan larut malam. Mereka ini biasanya orang muda namun lebih cenderung memiliki tingkat lemak tubuh dan trigliserida, atau lemak dalam darah mereka.

Mereka juga 1,7 kali lebih mungkin untuk memiliki diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik dengan gejala termasuk tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, terlalu banyak lemak perut dan kadar kolesterol normal yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung atau diabetes.

Mereka juga 3,2 kali lebih mungkin untuk menderita sarcopenia (hilangnya otot).

Jam biologis seseorang sangat ditentukan oleh genetika, usia, jenis kelamin dan lingkungan tidur, tetapi bisa dimodifikasi oleh isyarat eksternal atau internal, seperti cahaya, olahraga dan perilaku makan.(fny/jpnn)