Presiden Joko Widodo akhirnya menerima 8 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dari tangan panitia seleksi. Delapan nama ini berhasil lolos dari tahapan seleksi hingga tahapan wawancara dan kesehatan.

“Telah saya terima nama-nama capim KPK dari Pansel. Ini ada empat bagian yang akan dibagi nama-namanya setelah hasil seleksi,” ujar presiden yang akrab disapa Jokowi itu di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa, (1/9).

Jokowi yakin semua nama-nama yang terpilih sudah sesuai dengan harapan publik. Terutama yang memiliki integritas dan dipercaya independensinya.

“Yang ini sudah diseleksi berdasarkan integritas, kompetensi, leadership, independensi dan juga pengalaman yang berkaitan,” imbuh Jokowi. (flo/jpnn)

Beriku nama 8 calon tersebut :

1. Bidang Pencegahan: Staf Ahli Kepala BIN Saut Situmorang dan Direktur Trade Union Center, Dosen Unika Atmajaya
Surya Tjandra.

2. Bidang Penindakan : Hakim Ad hoc Tipikor Pengadilan Jakpus Alexander Marwata dan Widyaismara Madya Sespimti Polri Brigjen Basaria Panjaitan

3. Bidang Informasi dan Data : Kepala Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Agus Rahardjo dan Direktur Direktorat Pembinaan Jaringan Kerjasama Antarkomisi dan Instansi KPK, Sujanarko.

4. Bidang Pengawasan Internal Pengaduan Masyarakat : Plt pimpinan KPK Johan Budi SP dan Lektor Fakultas Hukum Unhan Laode Muhammad Syarif.