Serang – Kongres Umat Islam Banten yang dilakukan sejak Jumat hingga hari ini, menghasilkan sejumlah rekomendasi yang akan disodorkan kepada pemerintah dan stakeholder lainnya.

“Ada banyak rekomendasinya, baik yang berupa usulan perda, dan rekomendasi lainnya. Rekomendasi tersebut akan diserahkan kepada Bupati, Walikota, Gubernur, dan pimpinan partai politik,” ujar Sekretaris Pelaksana Kongres Umat Islam Banten, Fatah Sulaiman, Minggu (2/8/2015).

Beberapa rekomendasi tersebut di antaranya ; mendorong dibentuknya Peraturan Daerah (Perda) diniyah dan pondok pesantren, pengembangan ekonomi syariah di Provinsi Banten, penyatuan wilayah hukum di wilayah Tangerang ke dalam Polda Banten.

“Selain itu, kamipun mengusulkan agar ada satu Danrem di Provinsi Banten,” ujar Fatah memaparkan.

Rekomendasi lainnya, lanjut Fatah, peserta kongres mendesak pimpinan partai politik agar dalam mengusung pimpinan daerah mupun legislatif yang berakhlak mulia, tidak fasik dan mempunyai jejak rekam yang baik.

Untuk mengawal rekomendasi tersebut, dalam kongres tersebut pun disepakati membentuk badan pekerja yang terdiri dari pimpinan MUI dan mewakili ormas. “Rencananya rekomendasi tersebut akan diserahkan pada hari Rabu mendatang ke semua stakeholder,” pungkas Fatah. (Bayu)