Darah tinggi bisa menyerang siapapun. Tak peduli usia ataupun jenis kelamin. Jika tak diatasi, darah tinggi bisa menimbulkan penyakit berbahaya lain. Di antaranya ialah jantung dan stroke.

Serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya menyerang sekitar 80 persen negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Berikut beberapa penyebab darah tinggi.

1. Umur

“Semakin tua, maka risiko terkena darah tinggi kian besar. Orang tua terutama pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan pembacaan sistolik tinggi. Risiko ini disebabkan pengerasan arteri,” kata kardiolog, Dr. Sharukh Golwala, seperti dilansir laman Health Me Up, Minggu (15/3).

2. Herediter

Jika ada riwayat keluarga kolesterol tinggi, maka mungkin itu adalah alasan bagi Anda untuk mulai khawatir. Ini bentuk warisan dari tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada usia dini.

3. Jenis kelamin

Laki-laki memiliki kemungkinan lebih besar terkena tekanan darah tinggi dibanding wanita. Itu tidak berarti wanita tak perlu khawatir, sebab Anda juga berada pada risiko yang tinggi pula. Jadi mulailah menjalani pola hidup yang sehat.

4. Obesitas

Obesitas bisa menjadi salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi, tetapi bervariasi antara satu dengan yang lainnya. Orang-orang yang memiliki penyimpanan lemak di sekitar perut mereka, pinggul dan paha juga pada risiko terkena tekanan darah tinggi.

5. Sensitivitas garam

Beberapa orang sensitif terhadap garam atau sodium intake, yang membuat tekanan darah mereka meningkat. Jika Anda sensitif terhadap garam, maka satu-satunya pilihan untuk tetap aman adalah dengan mengurangi asupan garam. Harap berhati-hati saat menggunakan garam dalam makanan Anda dan membaca label sebelum mengonsumsi makanan olahan.

6. Keturunan.

Faktor keturunan juga dapat berisiko penyakit darah tinggi. Untuk itu, ketahui dengan baik medical history dari keluarga anda. Entah itu orang tua, kakek dan nenek. (fny/jpnn)

BAGIKAN