Ini Kronologi Kecelakaan Truk Tangki Pertamina di Tol Tangerang-Merak

SERANG – Truk tangki bermuatan pertamax milik PT Pertamina terlibat kecelakaan dengan truk trailer kontainer di Tol Tangerang–Merak KM 32, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Jumat (19/5) pagi. Akibatnya, pertamax pun tumpah hingga membanjiri badan jalan tol dari arah Tangerang menuju Merak tersebut.

Kepala Unit PJR Induk Serang, AKP Komarudin menjelaskan, kecelakaan tersebut terjadi pagi tadi. Sebelum kejadian, truk tangki PT Pertamina dengan nomor polisi B 9383 UU meluncur dari arah Tangerang mengarah ke Merak.

Truk melaju dengan kecepatan yang standar, namun saat tiba di lokasi kejadian, truk yang dikemudikan oleh Hamka Zulkarnaen tersebut tiba-tiba menabrak truk dengan nopol B 9644 UEL yang sedang berhenti di bahu jalan.

“Informasi yang kita dapat, sebelum kejadian pengemudi truk yakni Hamka Zulkarnaen ngobrol dengan rekannya yang duduk di samping,” ujar Komarudin.

Akibat benturan tersebutlah truk hilang kendali dan membuat BBM jenis pertamax yang ada dalam tangki tumpah.

“Posisi akhir truk tangki melintang di ruas jalan tol yang mengakibatkan seluruh kendaraan dari arah Cikupa tidak dapat melintas. Sempat terjadi antrean hingga KM 20 Karawaci, namun saat ini sudah kembali lancar setelah petugas PJR melakukan pengaturan jalan dan PT Marga Mandalasakti (MMS) membuka tiga lajur,” papar Komarudin.

Menyikapi tumpahan pertamax agar tidak terbakar, menurut Komarudin, petugas MMS telah menyiram bahan bakar tersebut dengan cairan berbusa.

Sementara itu, Kepala Divisi Hukum dan Humas MMS Indah Permanasari menjelaskan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 04.30 WIB, dan berhasil dievakuasi sekitar pukul 06.30 WIB.

“Kita panggil petugas Damkar, turun dua unit mobil Damkar untuk menangani tumpahan bahan bakar di jalan tol. Sebelumnya kita lakukan sistem buka tutup, tapi sekarang sudah bisa dilalui,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)