JAKARTA- Olga Syahputra terlahir sebagai anak sulung dari tujuh bersaudara pasangan Nur Rachman dan Nurhida. Masuknya Olga di dunia hiburan, diawali saat dirinya datang ke sebuah lokasi syuting. Sebagai penggemar, ia ingin meminta tanda tangan serta berfoto bersama idolanya.

“Waktu itu, aku ditawari main di film Lenong Bocah. Tapi syaratnya, aku harus latihan dulu di Sanggar Ananda,” kata Olga dalam sebuah interview pada Jawa Pos (induk JPNN) tahun lalu.

Untuk bisa latihan di Sanggar Ananda, pemilik nama asli Yoga Syahputra ini sempat menjual kulkasnya. Sembari berlatih di Sanggar Ananda, Olga ikut syuting meski peran kecil. Ia juga pernah menjadi asisten Rita Sugiarto, penyanyi dangdut idolanya.

Pelan-pelan keberuntungan Olga mulai terlihat. Setelah ikut main di sinetron Kawin Gantung dan Si Yoyo, Olga didapuk untuk mendampingi Jeremy Thomas menjadi presenter Ngidam di SCTV. Tak hanya itu, Olga juga bermain daalam acara Jangan Cium Gue dan Extravanganza ABG.

Namanya dikenal luas saat menjadi bagian dari acara Ceriwis yang dipandu oleh Indra Barends dan Indra Bekti, pada awal 2007. Satu tahun kemudian, namanya semakin melambung saat menjadi presenter Dahsyat di RCTI bareng Luna Maya dan Raffi Ahmad.

Selain menjadi presenter, Olga juga pernah membintangi beberapa film layar lebar seperti Skandal Cinta Babi Ngepet dan Mau Lagi. Film terakhir tersebut dicekal, namun setelah diganti judul menjadi Cintaku Selamanya akhirnya bisa tayang.

Olga sepertinya tak puas hanya berkutat dalam dunia presenter, sinetron maupun film. Ia pun mencoba dunia tarik suara. Sebanyak dua single pernah ia rilis, Hancur Hatiku (2009) dan Jangan Ganggu Aku Lagi (2010).

Selama kariernya di dunia hiburan, Olga memenangkan penghargaan sebagai Presenter Acara Variety Show Music Terfavorit dan Pelawak Terfavorit dalam Panasonic Award 2009 dan Panasonic Gobel Awards 2010.

Sebelum sakit, Olga membawakan acara Online di TransTV dan Pesbukers di ANTV bersama Jessica Iskandar dan Raffi Ahmad. Begitu banyak acara yang diikuti Olga. Hampir semua stasiun televisi berlomba-lomba membuatkan acara untuknya.

Namun, sayangnya beberapa kejadian yang kurang mengenakkan sering dilakukannya. Tak sedikit Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegurnya. Kini, semua jejak Olga di dunia hiburan itu tinggal kenangan. (dod/mia/diar/kim/jos/jpnn)

BAGIKAN