SERANG – Terhitung hari ini, Senin (1/9/2014), Asda I Tata Praja Pemprov Banten Asmudji HW menerima akan menjalankan tugas Plt Sekda Banten. Asmudji sebelumnya telah menerima Surat Perintah, bukan Surat Kuasa, untuk menjalankan tugas sebagai Plt Sekda Banten setelah Sekda Banten Muhadi, resmi pensiun pada hari ini.

Melalui pengangkatan Plt Sekda Banten ini, Pelaksana Tugas Gubernur Banten Rano Karno pun berpesan beberapa hal kepada Asmudji. “Ada beberapa hal yang diperintahkan kepada saya, makanya ini bukan SK tapi surat perintah,” jelasnya.

Pertama, kata Asmudji menyangkut seleksi jabatan tinggi pimpinan madya. “Beliau ingin agar dilaksanakan dengan cepat. Jadwal sebelumnya 25 Oktober 2014, tiga calon Sekda kita sampaikan ke pusat, tapi atas instruksi beliau akan kita percepat dan saya yakin bisa. Karena secara aturan bisa ada kegiatan yang simultan, bisa berbarengan,” katanya.

Kedua, Rano juga berpesan kepada Asmudji menyangkut APBD perubahan. “Alhamdulillah sudah beres. Nah, untuk APBD 2015 insya Allah beres, sehingga kita tinggal dengan dewan yang baru,” ujarnya.

Pesan Rano yang ketiga yakni reformasi birokrasi. “Beliau juga berpesan agar reformasi birokrasi dilaksanakan. Oleh karena itu nanti saya akan tindaklanjuti dengan para kepala SKPD dan teman-teman yang lain,” lanjutnya.

Selanjutnya, keempat pesan menyangkut keterbukaan atau transparansi pemerintahan. “Jadi beliau minta kita melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) salah satunya kita akan coba, misalnya Pergub dan Perda itu bisa diakses oleh masyarakat langsung,” jelasnya. (Wahyudin)