SERANG – Kongres Rakyat Banten II ditutup dengan pembacaan naskah deklarasi. Naskah Kongres Rakyat Banten II dibacakan oleh Ketua Tim Formatur, H Embay Mulya Syarief.

Berikut isi naskah Kongres Rakyat Banten II :

Menyikapi perkembangan mutakhir di Provinsi Banten, kami rakyat Banten ikut bertanggung jawab atas situasi dan kondisi yang terjadi. Harkat dan martabat rakyat Banten sejahtera dan demi keberlangsungan roda pemerintahan di Provinsi Banten, dengan ini menyatakan sikap:

1.Menyerukan kepada seluruh rakyat Banten untuk secara proaktif memelihara reformasi di segala bidang. Dalam konteks menjalin persatuan dan kesatuan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

2.Menentang segala bentuk gerakan/perbuatan anarkis dan konsisten terhadap supremasi hukum yang berdasarkan kepada kepribadian Bangsa Indonesia.

3. Mendesak kepada Pemerintah Provinsi Banten untuk segera melakukan reformasi birokrasi dalam konteks bersih dari nepotisme, kolusi dan korupsi.

4.Menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat Banten untuk memulai gerakan sosial Banten bersih dari nepotisme, kolusi, dan korupsi yang dimulai dari individu menuju masyarakat Banten yang lebih baik.

5.Meminta kepada pihak yang berwenang untuk mengutamakan stabilitas daerah sebagai stabilitas nasional mengingat posisi Provinsi Banten sebagai penyangga ibu kota.

6.Menyatakan permohonan dan dukungan bagi penyelenggaraan status dan keamanan di Provinsi Banten yang dalam hal ini status dan kedudukan komando resort militer atau Korem dan polda sebagai konsekuensi logis meningkatnya tantangan keamanan, serta mengingat geostrategic dari lanskap geografi Provinsi Banten.

7.Memerintahkan kepada seluruh Aktivis Pembentukan Provinsi Banten atau APPB bersama-sama dengan rakyat Banten lainnya untuk mengawal proses pembangunan yang dilaksanakan Pemerintahan Provinsi Banten, dalam bentuk pengawasan, terhadap seluruh produk kebijakan Pemerintahan Provinsi Banten serta menindaklanjutinya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian tujuh poin naskah Deklarasi Kongres Rakyat Banten II yang dibacakan H Embay Mulya Syarief di hadapan peserta di Ruang Paripurna DPRD Banten, KP3B, Palima, Serang, (24/3).

Kongres resmi ditutup pukul 17.50 WIB. Sebagai Ketua Umum tim formatur Embay Mulya Syarief. Sebagai anggota antara lain Tb Edi Mulyadi, Jazuli Juwaini, Didi Supriyadi H. Mardini, Tb Hadi Mulyana, Muslim Berlian, Kurdi Matin, dan Norodom Sukarno.(Wahyudin)***