CILEGON – Hingga H-5 jelang HUT Kota Cilegon ke-16, sejumlah kantor dan toko di jalur protokol Kota Cilegon belum melaksanakan instruksi Walikota Cilegon untuk menghiasi lokasi usaha mereka dengan spanduk dan umbul umbul. Padahal, dalam surat edaran Walikota Cilegon Nomor 3 Tahun 2015 tentang Peringatan Hari Jadi Kota Cilegon ke-16 Tahun 2015 ditegaskan, instruksi harus dilakukan sejak 1 April lalu.

“Memang sudah ada sebagian yang sudah (pasang atribut-red), sebagian lagi belum,” ujar Kasi Trantib Satpol PP Kota Cilegon Endang Sudrajat kepada radarbanten.com di ruang kerjanya, Rabu (22/4/2015).

Endang memaparkan, instruksi Walikota itu harus dilaksanakan oleh pengelola perkantoran dan pertokoan di jalur protokol guna menyemarakkan HUT Kota Cilegon. “Saya sudah dua kali muter untuk mengimbau pengusaha di jalur protokol itu. Instuksinya ada dua, yaitu spanduk dan umbul-umbul. Seharusnya dua-duanya dipasang. Karena instruksinya kan semeriah mungkin,” katanya.

Sayangnya, lanjut Endang, pihaknya hanya mampu sebatas memberikan teguran tanpa sanksi terhadap perkantoran dan pertokoan yang masih membandel tersebut. “Dalam instruksi itu tak ada sanksi apapun. Pemerintah berharap ada peran serta dan partisipasi dari masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Sapta, salah seorang pengusaha jalur di protokol berdalih tidak sempat memenuhi instruksi tersebut. “Kebetulan karyawan lagi pada sibuk, jadi belum sempat dipasang (spanduk dan umbul umbul-red). Nanti kita pasanglah,” katanya. (Devi Krisna)