SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten sudah menyiapkan pantia seleksi (Pansel) untuk memilih Sekretaris KPU Provinsi Banten definitif. Sebelumnya, Pemprov Banten mendorong KPU Banten agar segera melelang jabatan Sekretaris KPU Banten ini lantaran sebentar lagi akan dilaksanakannya pilkada serentak di empat wilayah kabupaten/kota di Banten.

“Ada lima Pansel. Dari unsur perguruan tinggi dua, dari unsur KPU dua orang, dan dari unsur Pemprov Banten satu,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Banten Saeful Bahri kepada wartawan, Rabu (4/3/2015).

Dari unsur KPU Banten bertindak sebagai Pansel yakni Ketua Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia Enan Nadia, dan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Saeful Bahri. Sementara dari unsur perguruan tinggi yakni Rektor Untirta Prof Soleh Hidayat dan Prof Fauzul Iman. Sedangkan dari unsur Pemprov Banten masih belum terisi karena Pemprov Banten belum mendelegasikan nama.

“Provinsi lain sudah bekerja dan tahapannya sudah diumumkan untuk lelang jabatan sekretaris, menindaklanjuti surat Sekjen KPU bahwa sekretaris KPU itu harus lelang jabatan,” terangnya.

Selama ini, pihak KPU Banten belum bisa melangkah lebih lanjut karena dari pihak Pemprov Banten belum ada perwakilan untuk menjadi Pansel. “Makanya kita tunggu gubernur mendelegasikan orang,” katanya.

Ditanya mengenai keterlambatan penentuan sekretaris ini, Saeful Bahri menampiknya. “Oh nggak terlembat. Tidak terlambat karena ini sekali lagi kan KPU Provinsi harus menunggu regulasi yang dibuat oleh KPU RI kan. Dan KPU RI baru selesai membuat regulasi. Jadi seluruh Indonesia yang sekretarisnya dijabat Plt baru memulai (seleksi) di bulan Maret
ini,” katanya.

Masa kerja Pansel sendiri, dijelaskan Saeful akan berlangsung selama tiga bulan ke depan. “Kalau dari Pemprov sudah ada orang yang diutus maka kita akan segera rapat perdana pansel menentukan jadwal seleksi. Nanti diumumkan melalui media, taapan penyusunan jadwal tahapan kapan, pendaftaran, pemeriksaan, fit and proper test, rekam jejak,” urai Saeful.

Untuk menempati Pansel ini, lanjut Saeful, paling tidak mereka yang memiliki golongan kepangkatan eselon II A. (Wahyudin)

BAGIKAN