Seorang teknisi mengecek perangkat di menara BTS milik PT XL Axiata.

JAKARTA –  PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen mendukung suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta, Rabu (19/4). Untuk itu, XL Axiata menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang diperkirakan akan mampu mengatasi kemungkinan kenaikan trafik di hari berlangsungnya pesta demokrasi warga Ibu Kota tersebut.  Seperti pada hari pencoblosan putaran pertama, Februari 2017 lalu, diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik antara 15%  – 20% di semua jenis layanan.

“Setelah melalui publikasi yang demikian besarnya, kami memperkirakan hari H pencoblosan putaran kedua besok akan menjadi hari yang cukup spesial dan menjadi perhatian bukan saja masyarakat DKI Jakarta, namun juga oleh masyarakat Indonesia.  Karena itu, kemungkinan masyarakat akan ramai-ramai mengakses informasi mengenai hasil Pilkada DKI Jakarta ini, terutama dari media massa dan media sosial. Kemungkinan, kenaikan trafik pada layanan Data akan lebih mendominasi daripada layanan lainnya,” kata Vice President Jabodetabek Region XL Axiata, Bambang Parikesit melalui siaran pers, Selasa (18/4).

Bambang menambahkan, XL Axiata akan memastikan layanan di hari Pilkada DKI Jakarta akan tetap mampu secara maksimal memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat. Selain menyediakan kapasitas yang memadai, pihaknya juga akan menggunakan teknologi jaringan canggih yang mampu mengatur penambahan dan mengurangan kapasitas secara fleksibel. Dengan demikian, jaminan ketersediaan kapasitas maksimal di semua wilayah DKI Jakarta akan terpenuhi.

Pada Pilkada DKI Jakarta putaran pertama Februari 2017 lalu, peningkatan trafik layanan terjadi terutama pada layanan Data. Layanan Data yang mengalami kenaikan ada di hampir semua platform media sosial paling popular, antara lain Facebook, Twitter, Path, LINE, dan instant messenger WhatsApp. Kenaikan trafik terbesar di wilayah DKI Jakarta ada pada Facebook, yaitu mencapai sekitar 16,99%. Jika dilihat dari sisi wilayah layanan XL Axiata yang mengalami kenaikan trafik saat Pilkada serentak Februari 2017 lalu, DKI Jakarta juga menjadi salah satu wilayah yang mengalami kenaikan trafik Data tertinggi, yaitu mencapai sekitar 16,5%.

Saat ini, layanan XL di wilayah DKI Jakarta ditopang dengan total sekitar lebih dari 9600 BTS, dan lebih dari 2000 di antaranya BTS 4G. Secara rata-rata semua area di Jakarta telah terlayani dengan layanan Data 3G dan 4G LTE. Selain itu, di sebagian area juga sudah tercover dengan jaringan 4,5G. Layanan 4G dan 4,5G akan terus ditingkatkan kualitasnya dengan memperkuat jaringan, termasuk di dalam gedung-gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan. Jumlah pelanggan XL Axiata di DKI Jakarta mencapai lebih dari 8 juta dan terus meningkat, sebanyak 53 % di antaranya telah secara aktif menggunakan layanan data. (Aas Arbi)