Jelang 17-an, Penjual Batang Pinang Mulai Kebanjiran Pesanan

0
105

SERANG – Jelang HUT Republik Indonesia 17 Agustus mendatang yang akan dirayakan oleh seluruh rakyat Indonesia, pedagang batang pohon pinang di Kota Serang sudah mulai kebanjiran pesanan.

Batang pinang merupakan salah satu sarana dalam perlombaan 17 Agustus-an yakni panjat pinang, yang sering menjadi perlombaan menarik saat pesta rakyat tahunan itu.

Para pedagang batang pinang yang terdapat di Kaliwadas mengaku, mereka sudah mulai berjualan sejak awal bulan Agustus. “Jualan udah dari hari Minggu kemarin, sekarang ini juga ngerjain pesanan-pesanan aja. Tapi kadang kalau enggak ada pesanan ya ngerjain yang buat dijual,” kata Anwar salah satu pedagang batang pinang, Rabu (10/8).

Anwar mengaku setiap harinya dapat menjual berkisar dua hingga tiga batang pohon pinang. Namun jika sudah mendekati 17 Agustus, ia mulai kebanjiran pesanan.

Harga batang pohon pinang rata-rata dijual seharga Rp700 ribu rupiah. Namun harga tersebut masih bisa meroket saat mendekati 17 Agustus.

“Biasanya harga Rp700 ribu itu udah harga pas, kita enggak bisa nurunin karena dari sananya juga lagi mahal. Kita ambil pohon pinang ini kebanyakan dari Rangkasbitung,” ujarnya.

Selain batang pinang, Anwar juga menjual bambu yang digunakan sebagai tiang bendera yang dihargai Rp15 ribu hingga Rp20 ribu. (Wirda)