Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Kepala Dinas Peternakan Iman Santoso

LEBAK – Menjelang hari raya Idul Adha, Dinas Peternakan Lebak melakukan pemeriksaan ke setiap penjual hewan kurban yang ada di wilayah Kabupaten Lebak. Pemeriksaan ini rutin dilakukan Dinas Peternakan untuk mencegah adanya hewan kurban yang tidak layak disembelih dan dikonsumsi.

Kepala Dinas Peternakan Iman Santoso mengatakan, pemeriksaan ini selalu dilakukan menjelang bulan Dzulhijjah, karena untuk memastikan hewan sehat dan layak untuk disembelih, sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Hewan yang sudah diperiksa juga akan diberi tanda berupa kalung, bahwa hewan tersebut sudah layak dijual untuk hewan kurban.

“Kita sudah memerintahkan tim dan dokter hewan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang di peternakan-peternakan warga, maupun yang ada di pinggir jalan,” kata Iman Santoso saat ditemui di kantornya yang berada di Jalan Ahmad Yani, Jumat (11/8).

Iman juga mengimbau kepada masyarakat yang menyembelih hewan kurban, jika akan membawa daging hasil kurban agar memakai plastik bening atau plastik putih, karena plastik warna hitam hasil daur ulang dan dikhawatirkan tidak steril.

Pihaknya juga sudah memasang iklan tentang bagaimana cara memilih hewan kurban yang sehat, sehingga tidak keliru dan tidak menyembelih hewan kurban yang sedang sakit.

“Kita juga sudah memasang spanduk di berbagai tempat yang strategis bahkan di radio, tentang bagaimana cara memilih hewan kurban yang baik dan sehat,” ujarnya.

Salah satu penjual hewan kurban, Ato (48) mengaku hewan kurbannya sudah diperiksa kesehatannya oleh dinas terkait.

“Hewan kurban saya hampir 100 ekor lebih diperiksa semua oleh dinas terkait. Saya juga diberi kalung untuk hewan yang sudah diperiksa,” kata Ato saat dijumpai Radar Banten Online, Jumat (11/8). (Omat/twokhe@gmail.com)

BAGIKAN